Google Meluncurkan Android Things, OS Baru Untuk Gadget IoT

Diposting pada

Google telah meluncurkan Android Things untuk platform IoT yang memungkinkan Anda untuk membangun perangkat yang dapat terhubung dengan API Android. Selain itu juga dapat terhubung dengan layanan berbasis cloud dan diberikan update yang dapat mendukung fitur perintah suara.

Android Things IoT
Android Things IoT

Android Things adalah hasil penggabungan dari Brillo yang sebelumnya merupakan Android berbasis OS IoT. Android Things dengan alat-alat seperti SDK Android, Android Studio, Google Cloud Platform, dan Google Play akan membuat para pengembang menjadi lebih mudah untuk membangun perangkat pintar.

Google juga telah menambahkan dukungan weave untuk platform komunikasi IoT, yang akan membantu perangkat terhubung ke layanan Google untuk setup dan berbicara dengan gadget lainnya.

Saat ini Samsung SmartThings dan Philips Hue sudah menggunakan Weave, sedangkan untuk produsen utama lainnya seperti TP-Link, Belkin LiFX, Honeywell, WEMO, Wink, dan First Alert dikabarkan akan segera menggunakan Weave.

Rencananya Nest’s Nest Weave juga akan digabung menjadi Weave sehingga semua perangkat yang terhubung dari merek ini nantinya dapat bekerja dengan satu sama lain. Selain itu, Anda dapat mulai membangun produk dengan menggunakan dukungan kit pengembangan perangkat keras seperti Intel Edison, Raspberry Pi 3, dan NXP Pico.

Meskipun ada beberapa alternatif yang tersedia untuk pengembang, seperti penawaran dengan akses ke layanan cloud-nya, namun Android Things terlihat lebih menarik daripada yang lain.

Sekarang ini Android Things sedang dalam Developer Preview, namun Anda sudah bisa mencobanya. Untuk memudahkan, perusahaan juga akan bekerja sama dengan pengguna Brillo untuk membantu migrasi proyek mereka ke platform baru.