Atlas Robot Humanoid Yang Bisa Berjalan di Medan Kasar

15

Robot humanoid bernama Atlas telah menemukan cara baru yang bisa dibilang mengagumkan dalam update terbarunya, kali ini Atlas belajar berjalan di medan yang tidak rata. Stelah lebih dari serangkaian sesi trial and error, para insinyur berhasil mengajarkan Atlas keterampilan yang dapat mengungguli beberapa robot lainnya, dengan berjalan pada rintangan tanpa jatuh.

Robot Humanoid
Robot Humanoid

Untuk mencapai hal ini Atlas menggunakan kaki seperti manusia, tim melatih Atlas untuk merasakan sebuah titik pada permukaan yang tidak rata dan mulai menggeser berat yang sesuai untuk menghindari terguling setelah melakukan pijakan.


Latihan ini pada dasarnya adalah di ambil dari cara yang sama dengan manusia melakukannya, namun menggunakan beberapa metode yang lebih baik. Tidak seperti manusia, robot Atlas akhirnya dapat sukses menguasai tugas dengan membuat ribuan perhitungan sepersekian detik dan berpindah setiap gerakan untuk jenis medan yang berbeda.

Atlas adalah robot humanoid bipedal terutama dikembangkan oleh perusahaan Amerika robotika Boston Dynamics, dengan pendanaan dan pengawasan dari Badan Pertahanan Amerika Serikat Advanced Research Projects. Dengan tinggi 1,8 meter robot ini dirancang untuk berbagai tugas pencarian dan penyelamatan, dan diperkenalkan kepada publik pada 11 Juli 2013.

Desain dan produksi diawasi oleh DARPA, yang merupakan sebuah lembaga dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat, bekerja sama dengan Boston Dynamics. Salah satu tangan robot dikembangkan oleh Sandia National Laboratories, sementara yang lain dikembangkan oleh iRobot.

BERBAGI

[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.