Sony Xperia Z Terasa Lambat? Ini Cara Mempercepat Dalam 5 Menit

Diposting pada

Sony menawarkan berbagai macam smartphone bagi penggunanya secara berkala dan tidak pernah keluar dari kompetisi. Selain itu juga menyediakan perangkat spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau bagi pengguna, dan menariknya kita jarang mendapatkan masalah dengan smartphone tersebut.

Cara Hard Reset Sony Xperia Z
Sony Xperia Z

Sony Xperia Z telah menjadi sangat populer sejak pertama kali dirilis, karena desain dan fitur yang menarik setelah kehadiran Xperia Series terbaru termasuk Xperia Z3, Xperia Z4 hingga Xperia Z5 sampai sekarang tetap tidak kehilangan popularitas .

Meskipun Xperia Z hadir dengan Qualcomm Snapdragon S4 Pro prosesor seperti perangkat Android lainnya, ia juga tampaknya melambat setelah beberapa bulan pemakaian.

Dari hal terbut kami akan memberikan beberapa langkah-langkah pencegahan yang jika diikuti akan mempercepat kinerja perangkat Anda sampai batas tertentu. Jadi, siap-siap membuat smartphone lebih cepat hanya dalam 5 menit.

Update OS Android Terbaru

Xperia Z pada awalnya hadir dengan Android 4.1.2 Jelly Bean, namun saat ini dapat diupgrade ke OS Android terbaru yaitu Android 5.1.1 Lollipop. Jadi pertama pastikan untuk memiliki update software terbaru pada perangkat Anda dan dapat ditemukan di Tentang Telepon dalam pilihan pengaturan. Jika ada update terbaru yang tersedia Anda akan mendapatkan notifikasi.

Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah, download dan instal update resmi yang tersedia. Setelah Anda selesai dengan proses update, semua bug minor dan masalah harusnya telah diselesaikan karena setiap update akan selalu berisi perbaikan untuk bug dan perangkat tambahan untuk meningkatkan kinerja smartphone.

Hapus Aplikasi Bloatware Pra-instal

Sama seperti perangkat Android lainnya, smartphone ini juga dikemas dengan beberapa aplikasi pra-instal, yang beberapa diantaranya adalah bloatware yang menyebabkan masalah kinerja menjadi buruk.

Jadi cari tahu aplikasi dalam perangkat dan jika aplikasi tersebut tidak diperlukan, kemudian hapus aplikasi tersebut selain meningkatkan kecepatan juga dapat menambah ruang penyimpanan.

Jika Anda pernah meninstall beberapa aplikasi dan mungkin tidak menggunakan sama sekali. Aplikasi tersebut hanya menghabiskan ruang penyimpanan dan juga berjalan di latar belakang yang menyebabkan masalah kinerja. Jadi, kami sarankan Anda untuk meng-uninstall aplikasi tersebut dari App Manager dalam pengaturan.

Menonaktifkan Wallpaper Live dan Widget

Ini adalah tindakan pencegahan sederhana yang membantu Anda untuk meningkatkan kinerja perangkat. Yang perlu Anda lakukan adalah menonaktifkan atau menghapus wallpaper hidup serta widget dari ponsel Anda untuk menaikkan kinerja perangkat. Wallpaper hidup dan widget akan mengkonsumsi banyak daya dari smartphone Anda dan memiliki efek langsung pada kinerja smartphone.

Reset Kembali Pengaturan Awal

Jika Anda sama sekali tidak puas dengan kinerja Android Anda, maka Anda dapat memilih untuk metode ini karena akan membuat perangkat Anda menjadi kembali ke pengaturan awal. Sebelum melanjutkan lebih jauh, mungkin Anda perlu mengambil cadangan data Anda karena langkah terbut akan menghapus segala sesuatu dari smartphone Anda.

Ada pilihan mudah yang tersedia untuk para pengguna Xperia Z untuk melakukan reset pabrik. Yang perlu Anda lakukan adalah buka saja Backup & Restore dari pengaturan dan tekan pada Data Pabrik Reset kemudian pilih atur ulang telepon, proses akan selesai dalam beberapa menit.

Nonaktifkan Efek Khusus

Selain metode di atas kami juga akan berbagi beberapa tindakan pencegahan lainnya untuk membantu dalam meningkatkan kinerja smartphone. Matikan Bluetooth dan koneksi WiFi setiap kali Anda tidak menggunakannya dan juga menonaktifkan efek auto untuk beberapa pilihan seperti kecerahan, rotasi, dan lainnya. Jangan menginstal aplikasi yang tidak perlu karena akan memperberat kinerja Android Anda.

Berita Rekomendasi: