Google Play Services di Android 2.3 Gingerbread Dihentikan Pada Awal 2017

Google Play Services merupakan layanan yang berjalan pada latar belakang dan paket API untuk perangkat Android. Saat pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012 layanan ini dapat memberikan akses mudah ke Google+ API dan OAuth 2.0.

Google Play Services

Google Play Services untuk Android 2.3 Gingerbread

Kemudian diperluas lagi untuk mencakup berbagai macam layanan Google lainnya sehingga akan memungkinkan aplikasi secara mudah dapat berkomunikasi dengan layanan lainnya melalui sarana umum, yang secara internal disebut sebagai RUPS. Pada awal Januari 2014, Google Play Services tercatat telah diunduh lebih dari satu miliar kali di perangkat Android.

Seiring dengan berjalaannya waktu pengembang aplikasi Android sekarang ini tampaknya harus melanjutkan aplikasi butaanya tanpa dukungan untuk Android 2.3 Gingerbread. Google telah mengkonfirmasi bahwa saat peluncuran Google Play versi 10.0.0 akan menjadi versi terakhir yang mendukung OS Android lama.

Setelah itu versi berikutnya yaitu 10.2.0, akan dirilis pada awal tahun 2017 dan hanya mendukung minimal OS Android 4.0.1 Ice Cream Sandwich. Nantinya pengguna Android 2.3 Gingerbread sudah tidak bisa menggunakan layanan Google Play lagi.

Langkah baru untuk mengakhiri dukungan Gingerbread juga diperluas ke perpustakaan klien Firebase yang merupakan perusahaan untuk Android. Meskipun begitu aplikasi untuk Android 2.3 Gingerbread masih bisa di install secara manual dari penyimpanan smartphone.

Selain itu juga masih banyak pengembang lainnya yang menawarkan satu set perpustakaan software untuk menambahkan fitur untuk aplikasi Android Anda. Apa alasannya, mengapa Google adalah menghentikan dukungan Google Play Services untuk Gingerbread?

OS Android Gingerbread memang telah lama diluncurkan tepatnya pada tahun 2010, dan dari angka distribusi menunjukkan bahwa saat ini Gingerbread hanya digunakan kurang lebihnya 1,3 persen dari semua perangkat berbasis Android. Dalam beberapa bulan kedepan akan menyediakan koleksi yang lebih kuat alat untuk pengembang Android dengan kecepatan yang lebih besar.

Google mencatat bahwa banyak aplikasi Android terbaru sudah tidak mendukung Gingerbread dan telah mengakhiri dukungan untuk versi OS lama ini. Sementara perubahan ini sebagian besar mungkin akan mempengaruhi pengembang aplikasi, karena ini menunjukkan bahwa Google secara perlahan akan mengakhiri dukungan untuk versi Android yang lebih tua.

Apakah di waktu yang akan datang Google Play Services juga akan mengakhiri dukungan untuk Android Ice Cream Sandwich, dengan menggunakan jumlah angka distribusi yang sama dari perangkat Android Gingerbread?

Berita Rekomendasi