Perbandingan Kamera iPhone 7, Galaxy S7, Xperia X, dan Zenfone 3

Diposting pada

Selama acara peluncuran iPhone 7, Apple tampaknya memiliki fokus utama pada peningkatan kamera. Meskipun ukuran megapixel iPhone 7 masih sama 12MP tapi hadir dengan setup aperture yang lebih luas dari kamera ponsel Android unggulan. Bagaimana jika kamera iPhone 7 dibandingkan dengan flagship seperti Sony Xperia X, Samsung Galaxy S7, dan Asus Zenfone 3?

iPhone 7, Galaxy S7, Xperia X, dan Zenfone 3
Kamera iPhone 7, Galaxy S7, Xperia X, dan Zenfone 3

Kita mulai dari Samsung Galaxy S7, dari hasil foto terlihat benar-benar baik karena dinamis dalam jangkauan dan gambar lebih rinci tapi warnanya sangat realistis. Sedangkan pada iPhone 7, terlihat warna-warna yang sangat bagus tapi hasilnya sedikit pucat. Jika Anda melihat lebih dekat pada foto yang dipotong, hasilanya terlihat kurang bagus meskipun memiliki rentang dinamis yang besar seperti pada Samsung Galaxy S7.

Sementara itu, kamera Sony Xperia X terlihat memiliki kinerja yang lebih baik karena memiliki warna yang paling naturalistik. Dengan sudut terluas di antara semua lensa, rincian foto apapun akan terlihat lebih halus dari Samsung Galaxy S7.

Berikutnya adalah Zenfone 3 yang memiliki ketajaman dan kontrol suara cukup baik. Tapi white balance tampaknya bersandar pada mode hangat yang cenderung kemerahan yang hampir mirip dengan kamera Lumia 950XL.

Keempat perangkat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, pada Samsung Galaxy S7 dan Zenfone 3 menghasilkan gambar yang lebih nyata, IPhone 7 memiliki white balance yang terlalu hangat sementara Xperia X menunjukkan output kehijauan.

Dalam hal rincian, iPhone 7 dan Zenfone 3 memiliki rincian gambar yang terbaik. Karena saat memotret bunga, hanya dua perangkat ini yang memiliki fokus terbaik. Saat mencoba mode HDR pada empat perangkat, Galaxy S7 dan iPhone 7 menunjukkan hasil gambar yang benar-benar dinamis. Sementara, Xperia X terasa overexposed dan Zenfone 3 terlihat terlalu terang.

Untuk rincian dan warna, iPhone 7 menunjukkan rincian halus dan warna lebih alami dari Galaxy S7. Kemudian pada cahaya rendah, hasil foto Galaxy S7 terlihat paling detail dan foto terang, tapi warnanya cenderung oversaturate. Untuk iPhone 7, ketajaman sebagus Galaxy S7 tapi foto tampak pucat dan tingkat noise lebih jelas.

Sony Xperia X memang mampu menghasilkan warna lebih halus, sementara itu Zenfone 3 juga mampu menghasilkan foto yang layak pada cahaya rendah tetapi tetap tidak setara dengan jika di bandingkan dengan Xperia X dan Galaxy S7.

Ketika menggunakan LED flash pada cahaya rendah, Quad LED setup pada iPhone 7 terasa lebih terang tetapi cenderung overexpose. Dalam hal kecerahan kinerja Xperia X bisa dibilang lebih baik, karena tanpa overexposing subjek seperti pada iPhone 7.

Selanjutnya LED flash pada Galaxy S7, baik latar depan dan latar belakang dapat terisi oleh cahaya, berbeda dengan Zenfone 3 yang terlihat sangat hangat. Dengan kontrol rentang dinamis yang lebih luas, iPhone 7 tampaknya memiliki kinerja terbaik.

Secara keseluruhan, iPhone 7 tembakan adalah yang paling layak diikuti oleh Galaxy S7. Kinerja Xperia X bisa ditarik jika sistem deteksi warna stabil. Sementara itu, peringatan yang Zenfone 3 adalah kontrol eksposur menghasilkan foto kurang terang.

Pada kamera depan, Xperia X dan Galaxy S7 jelas terlihat mampu mengambil foto selfie lebih baik dengan lensa sudut lebar mereka. Warna pada Kinerja X adalah kehijauan sedikit tapi itu mampu mempertahankan kejelasan dan kecerahan yang cukup baik.

Kamera depan Asus Zenfone 3 memang memiliki warna foto yang kemerahan, tetapi memiliki hasil yang lebih rinci. Yang terakhir adalah kamera depan iPhone 7 yang memilki sudut sangat sempit dan kurangnya kontrol kecantikan, namun sebagian foto selfie terlihat lebih alami.

Spesifikasi iPhone 7, Galaxy S7, Xperia X, dan Zenfone 3

iPhone 7, Galaxy S7, Xperia X, dan Zenfone 3
Spesifikasi iPhone 7, Galaxy S7, Xperia X, dan Zenfone 3

Jadi manakah pilihan yang terbaik? tentu saja pilihan tersebut tergantung pada selera masing-masing dan juga budget yang Anda punya.