Bingung Pilih VR Box, Ini 9 Kacamata Virtual Reality Terbaik 2016

Diposting pada

Perangkat virtual reality atau yang biasa di kenal dengan VR saat ini telah tersedia banyak di pasaran mulai dari harga yang termurah hingga termahal. Banyaknya pilihan model salah satunya seperti Samsung Gear VR, PlayStation VR, Oculus Rift dan HTC Vive pastinya akan membuat Anda bingung dalam memilih Headset VR mana yang paling sesuai baik dari segi harga dan spesifikasinya.

Review VR Box
Kacamata Virtual Reality Terbaik

Bagi yang belum tahu, VR adalah sebuah pengalaman mendalam di mana gerakan kepala Anda bisa dilacak dalam dunia tiga dimensi sehingga idealnya cocok untuk game dan bahkan film. Pengembang VR sekarang sedang berlomba-lomba untuk menciptakan pengalaman baru yang dapat mengatur untuk merevolusi game dan hiburan.

Model VR headset apa yang terbaik dan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Kami telah mengumpulkan beberapa pilihan perangkat VR Box paling mengagumkan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membelinya.

HTC Vive

HTC Vive dibuat bekerjasama dengan game PC Valve raksasa yang merupakan pembuat seri game legendaris Half-Life dan Steam platform game. HTC Vive dapat dihubungkan ke PC dan bekerja dengan ekosistem game raksasa Valve.

Hadir dengan paket di 70 sensor untuk menawarkan teknologi 360 derajat serta tingkat 90Hz refresh untuk menjaga latency rendah, yang merupakan istilah teknis untuk efek yang menyebabkan pusing. Namun, kunci keberhasilan HTC Vive adalah pelacakan ruang Lighthouse yang memungkinkan Anda untuk bergerak dengan headset. Harga HTC Vive adalah $ 799 atau sekira Rp 10.376.000.

Sony PlayStation VR

PlayStation VR yang selama pengembangan dikenal dengan codename Project Morpheus ini adalah virtual reality head-mount display yang dikembangkan oleh Sony Interactive Entertainment dan diluncurkan pada tanggal 13 Oktober 2016.

PlayStation VR memiliki OLED panel 5,7 inci dengan resolusi layar dari 1080p. Headset ini juga memiliki prosesor yang memungkinkan output Layar video ke televisi, serta proses efek audio 3D, dan menggunakan headphone jack 3.5mm. Selain itu headset ini juga memiliki sembilan posisi LED di permukaan untuk Kamera PlayStation yang bisa melacak gerakan kepala 360 derajat. Harga PlayStation VR adalah $ 399 atau sekira Rp 5.181.000.

Samsung Gear VR 2016

Samsung Gear VR 2016 merupakan versi yang terbaru yang tidak terlihat jauh berbeda dengan pendahulunya, namun memiliki beberapa upgrade yang membuatnya benar-benar berbeda. Ada beberapa perbaikan pada headset khususnya Samsung telah melebar sudut pandang 101 derajat dari sebelumnya yang hanya 96 derajat dan warna gelap untuk mengurangi silau dan pantulan.

Pengalaman visual menggunakan Samsung Gear VR 2016 akan tergantung pada smartphone Samsung yang Anda gunakan. Untuk menggunakannya Anda harus memiliki salah satu perangkat yang kompatibel yaitu Galaxy S7, Galaxy S7 Edge, Galaxy Note 7, Galaxy Note 5, Galaxy S6, Galaxy S6 Edge dan Galaxy S6 Edge Plus. Harga Samsung Gear VR 2016 adalah $ 99 atau sekira Rp 1.285.000.

Oculus Rift

Oculus Rift dikembangkan oleh Palmer Luckey, didanai oleh Kickstarter dan Facebook sebesar $ 2 miliar, Oculus Rift dapat dihubungkan ke komputer DVI dan USB port yang akan melacak gerakan kepala Anda untuk memberikan citra 3D pada layar stereo.

Oculus Rift menggunakan resolusi 2160 x 1200, bekerja di 233 juta piksel per detik, dengan refresh rate 90Hz. Teknologi tinggi refresh rate ini hampir sama dengan HTC Vive. Harga Oculus Rift adalah $ 599 atau sekira Rp 7.779.000.

Razer OSVR HDK 2

Razer OSVR HDK 2 memiliki dual display OLED 2160 x 1200 dimaksudkan untuk membuat kemudahan bagi pengembang untuk membuat aplikasi perangkat VR, tanpa teknis software dan hardware. Seperti namanya headset ini masih tetap open source yang akan memungkinkan pihak ketiga untuk melakukan apapun yang mereka inginkan. Harga Razer OSVR HDK 2 adalah $ 399

Microsoft HoloLens

Desainnya sangat berbeda dan tidak peniru headset VR lainnya, Microsoft HoloLens memadukan realitas virtual dan ditambah untuk membuat salah satu peluncuran paling ambisius yang pernah direncanakan.

Perangkat ini menggabungkan elemen dunia nyata dan dunia maya dengan gambar hologram, yang berarti Anda dapat melihat dunia Minecraft Anda di meja dapur Anda atau berjalan di sekitar permukaan Mars di ruang tamu Anda. Harga Microsoft HoloLens adalah $ 3.000 atau sekira Rp 38.961.000.

Google Cardboard

Google mengumumkan cardboard virtual reality headset pada I/O 2014. Dengan memasukkan smartphone ke dalam wadah kardus mungkin terdengar seperti lelucon, tapi itu benar-benar bekerja dan merupakan cara termurah untuk mencoba virtual reality.

Untuk bisa menggunakannya smartphone Anda harus mendukung sensor gyroscopic yang diperlukan dan sistem penentuan posisi yang secara akurat akan melacak gerakan kepala Anda. Harga Google Cardboard adalah $ 20 atau sekira Rp 259.000.

Google Daydream View

Google Daydream View pertama kali terungkap di I/O 2016 pada akhir 2016. Google mengklaim VR terbarunya adalah yang teringan hingga 30% dari headset lain di pasaran. Untuk saat ini Daydream View hanya kompatibel dengan ponsel Pixel baru Google, kemudian untuk kontrol Anda dapat menggunakan kontroler Daydream yang menyertai headset yang disertakan dalam paket. Harga Google Daydream View adalah $ 79 atau sekira Rp 1.025.000.

Fove VR

Fove VR berbeda dari headset VR lainnya karena menawarkan pelacakan mata interaktif. Fove VR menawarkan  keunggulan metode kontrol baru, di dalam headset terdapat sensor inframerah yang dapat memantau mata penggunanya sehingga tampilan virtual akan muncul lebih nyata. Fove VR layar 5,7 inci 1440p, frame rate 90fps, dan pelacakan mata yang diukur pada 120fps. Harga Fove VR adalah $ 349 atau sekira Rp 4.532.000.

Berita Rekomendasi: