Perbandingan Harga iPhone 7 Plus vs Asus Zenfone 3 Deluxe

Diposting pada

Asus Zenfone 3 Deluxe saat ini telah diposisikan pada kategori unggulan, tak diragukan lagi bahwa Asus Zenfone terbaru ini diprediksi akan bersaing dengan iPhone, Sony Xperia, dan Samsung Galaxy S. Berapa sih harga Asus Zenfone 3 Deluxe ini, selisihnya berapa jika dibandingkan dengan smartphone flagship lainnya? Kami telah membuat perbandingan dengan iPhone 7 Plus untuk mencari tahu.

Asus Zenfone 3 Deluxe
iPhone 7 Plus vs Asus Zenfone 3 Deluxe

Ini adalah pertama kalinya bahwa Asus telah melangkah ke design logam dengan Formasi Zenfone mereka. Asus Zenfone 3 Deluxe hadir dengan fitur unibody aluminium yang ramping serta menawarkan garis antena tak terlihat yang pertama dari jenisnya. Sementara itu, iPhone 7 Plus merupakan perubahan kecil dari seri sebelumnya yakni iPhone 6s Plus.

Pada bagian depan adalah panel datar dengan tampilan premium untuk Zenfone 3 Deluxe dan juga tiga tombol backlit kapasitif. Sedangkan pada bagian belakang terdapat kamera yang diletakkan di atas pemindai sidik jari. Desain ini seperti kombinasi dari desain belakang Zenfone 3 dan Galaxy S6. Meskipun demikian, perangkat ini tetap terlihat premium jika dibangingkan dengan seri sebelumnya.

Untuk iPhone 7 Plus, telah tambahkan dengan sertifikat IP67 yang berarti tahan air, Apple tampaknya telah menyusul Samsung Galaxy dan Sony Xperia yang telah melengkapi fitur waterproofing selama bertahun-tahun hingga sekarang. Sementara itu perubahan estetika pada iPhone 7 Plus tidak terlalu banyak dan hampir sama seperti tahun lalu termasuk ukuran dan berat dan penambahan pembicara lain di sisi lubang suara.

Jadi pilihan antara Asus Zenfone 3 Deluxe dan iPhone 7 Plus tergantung dari kebutuhan pengguna. Untuk port tambahan dan fleksibilitas Zenfone 3 Deluxe lebih cocok sementara untuk iPhone 7 Plus jika Anda sedang mencari smartphone tahan air yang dibungkus dengan dual speaker. Disisi lain Asus Zenfone 3 Deluxe juga terlihat premium dengan harga murah meskipun tidak dilengkapi waterproofing seperti iPhone 7 Plus.

Asus Zenfone 3 Deluxe memiliki layar Super AMOLED Full HD 1080p 5,7-inch, kualitas tampilannya bisa dibilang sudah terbaik dikelasnya. Tapi secara teknis perbedaan ketajaman hampir tidak terlihat, Layar IPS berukuran 5,5 inci pada iPhone 7 Plus dengan resolusi 1080p juga menawarkan piksel ekstra dengan panel yang lebih kecil.

Kedua spesifikasi kamera tampaknya cukup baru, Asus Zenfone 3 Deluxe dilengkapi kamera belakang 23 MP f/2.0 dengan sensor Sony IMX yang dipasangkan dengan OIS, dan untuk kamera depannya adalah 8 MP. Sementara itu, iPhone 7 Plus memiliki lensa ganda, kamera 12MP ganda di bagian belakang dengan lensa f/1.8 dan berikutnya adalah lensa f/2.8, salah satu lensa tersebut dirancang khusus untuk mode zoom-in pada saat pengambilan gambar, dan kamera depan 7 MP.

Kami akan membandingkan dua platform yang berbeda di sini, A10 Fusion Chip dan 3GB RAM pada iPhone 7 Plus mampu mengalahkan Snapdragon 820 dan 6 GB RAM pada Asus Zenfone 3 Deluxe dalam beberapa margin 20k di Antutu benchmark.

Meskipun memiliki baterai 2900 mAh namun IPhone 7 Plus daya tahan baterainya berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan baterai Zenfone 3 Deluxe yang berkapasitas 3000mA. Perbedaannya adalah hanya beberapa jam dalam daya tahan rating dan satu jam di layar pada waktu yang sama. Peringkat daya tahan baterai pada keduanya berada di atas rata-rata namun iPhone 7 Plus di posisi yang sedikit lebih kuat.

iPhone 7 series belum memiliki fitur pengisian cepat dan memakan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi menggunakan charder 1A, Sedangkan Asus Zenfone Deluxe 3 bisa terisi penuh dalam 1 jam 20 menit, berkat Quick Charge 3.0.

Harga Asus Zenfone 3 Deluxe ZS570KL versi RAM 6GB, storage 256 GB adalah Rp 11.099.000 dan untuk versi RAM 6 GB, storage 64 GB adalah Rp 9.099.000., sedangkan harga iPhone 7 Plus varian storage 32 GB adalah Rp 10.000.000, storage 128 GB adalah Rp 11.300.000, dan storage 256 GB adalah Rp 12.700.000.