Android 7.0 Terbaru Resmi Bernama Nougat, Ini Fitur Barunya

Diposting pada

Setelah berbulan-bulan ditunggu, OS Android terbaru akhirnya resmi bernama Nougat bukan Nutella. Google secara resmi mengumumkan nama untuk Android versi 7.0 terbaru dengan nama Android Nougat. Seperti yang telah banyak diketahui, nama dari semua versi Android terdahulu semuanya di ambil dari nama makanan penutup populer.

Versi Android Terbaru
Android 7.0 Nougat

Nama versi Android terbaru Nougat ini juga di ambil dari nama makanan, yaitu permen kacang populer yang berasal dari Eropa tepatnya dari Perancis. Android N pertama kali ditampilkan oleh Google pada bulan Maret lalu melalui preview pengembang.

Kemudian dalam versi yang akan datang, Google telah memperkenalkan dukungan untuk beberapa aplikasi pada jendela yang sama. Android 7.0 Nougat ini juga akan memungkinkan pengguna untuk membuka dua aplikasi dalam mode split-screen pada perangkat Nexus.

Selain itu juga dapat mengukur dan mengubah tampilan layar dari berbagai aplikasi secara otomatis, namun pengguna juga dapat menyesuaikan pengaturan sendiri dengan pengukuran baru. Pengguna sekarang dapat memiliki hingga sembilan toggles dalam satu layar dengan fitur Pengaturan Cepat di Android N.

Doze mode merupakan sebuah fitur yang sebenarnya telah diperkenalkan pada Android Marshmallow, namun pada Android 7.0 Nougat diperbarui dengan Doze mode 2.0. Pada Android Nougat Doze akan bekerja tidak hanya ketika smartphone Anda sedang tidak digunakan, tetapi juga ketika layar dimatikan yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan pada baterai.

Fitur lain yang signifikan dari jenis Android terbaru Nougat ini adalah akan memungkinkan pengguna untuk memblokir nomor telepon pada tingkat sistem, yang berarti langsung dari aplikasi seperti Messenger, Hangouts, atau Pemanggil.

Selain itu aplikasi lain ada pada perangkat juga akan memblokir tanpa tindakan yang diperlukan dari sisi pengguna jika nomor telah diblokir di tingkat sistem. Berikut ini fitur terbaru pada Android 7.0 Nougat yang perlu Anda ketahui.

Direct Reply Notifications

Untuk menjawab pesan masuk sekarang Anda tidak harus menavigasi jauh, Anda dapat menjawab pesan tersebut dalam pemberitahuan yang muncul di bagian atas layar.

Multi window support

Pada Android Nougat Anda akan dapat membuka dua aplikasi sekaligus yang dijalankan secara bersamaan dalam satu layar baik di smartphone maupun tablet.

Quick settings menu

Google telah menambahkan menu pengaturan cepat baru pada Android Nougat yang dapat Anda tarik dari atas ke bawah. Fitur ini mungkin bukan hal yang baru pada Android, mengingat fitur ini telah banyak tersedia pada Android versi lama seperti pada perangkat Xiaomi, Samsung, LG dan lainnya.

Android Nougat performance

Google mengatakan Android Nougat akan memberikan kemajuan lompatan terbesar dalam grafis yang akan berguna untuk pengembang game pada kontrol GPU.

Doze Mode 2.0

Fitur Doze ini merupakan salah satu yang populer dari Android Marshmallow namun pada Android Nougat terdapat sedikit pembaruan. Doze mode 2.0 ini bertujuan untuk menghemat baterai, Doze mode akan bekerja ketika layar smartphone sedang tidak digunakan dan juga saat layar dimatikan.

Berita Rekomendasi: