Cloud Computing Adalah Teknologi Terbaik Untuk Dunia Bisnis

Diposting pada

Cloud Computing adalah istilah yang telah digunakan oleh banyak industri IT dan mempunyai arti berbeda untuk setiap orang. Namun intinya pengertian cloud secara sederhana adalah suatu metode terbaru penyewaan IT yang  dapat disesuaikan dengan keperluan sehingga akan menghemat biaya.

Cloud Computing Adalah
Cloud Computing

Karena bersifat virtual cloud server saat ini telah menjadi solusi terbaik untuk perusahaan yang ingin memiliki server tanpa harus memelihara dan membeli server fisik yang sangat mahal.

Server cloud sekarang ini telah dimanfaatkan banyak perusahaan di Indonesia untuk memindahkan teknologi milik mereka ke dalam pusat data cloud hosting milik penyedia layanan. Ketersedian jaringan internet dengan kecepatan super tinggi di Indonesia adalah salah satu faktor utama perubahan besar ini, sehingga akan memungkinkan konsolidasi secara revolusioner.

Selain itu alasan penghematan biaya dan perbaikan kualitas layanan juga turut menjadi faktor meningkatnya perusahaan yang memilih layanan cloud server. Pemilik layanan publik nantinya akan mendaptkan keamanan dengan teknologi canggih yang akan pantau hingga 7 x 24 jam oleh penyedia layanan cloud hosting.

Dengan memilih cloud hosting perusahaan akan mendapat banyak perangkat terbaru serta sistem brteknologi tinggi yang biasanya hanya dimiliki perusahaan besar. Pengertian cloud server atau komputasi awan secara umum jenisnya terbagi dalam tiga kategori yaitu public cloud, hybrid cloud, dan private cloud.

Private Clouds
Private cloud adalah arsitektur data center yang dimiliki oleh satu perusahaan yang menyediakan fleksibilitas, skalabilitas, provisioning, otomatisasi dan monitoring. Tujuan dari private cloud ini adalah tidak menjual software as a service kepada pelanggan eksternal, melainkan untuk memperoleh manfaat dari arsitektur cloud dan juga dapat mempertahankan kontrol pusat data Anda sendiri.

Hybrid Clouds
Dengan menggunakan pendekatan hybrid perusahaan dapat mempertahankan kontrol dari sebuah private cloud yang dikelola secara internal dan juga dapat mengandalkan public cloud yang diperlukan. Misalnya selama periode puncak aplikasi individual atau bagian dari aplikasi dapat bermigrasi ke public cloud.

Public Clouds
Sebuah public cloud pada dasarnya adalah penyedia layanan menggunakan internet untuk membuat sumber daya, seperti aplikasi yang juga dikenal dengan SaaS dan penyimpanan yang tersedia untuk umum. Contoh public cloud yang paling terkenal adalah Google AppEngine, Windows Azure Services Platform, IBM Blue Cloud, Amazon Elastic Compute Cloud, dan Sun Cloud.

Semua orang pasti sudah pernah mendengar tentang cloud server, namun tidak semua orang benar memahami dari banyaknya jenis layanan server cloud tersebut secara rinci. Cloud computing menawarkan berbagai cara untuk bisnis terutama untuk meningkatkan kapasitas IT tanpa harus menambah infrastruktur, personil, dan perangkat lunak. Berikut adalah tujuh jenis cloud computing dan apa yang ditawarkan.

Service Commerce
Service commerce adalah kombinasi antara SaaS dan Managed services, mereka akan menyediakan pusat layanan yang berinteraksi dengan pengguna. Penerapan secara umum termasuk biaya pelacakan, pemesanan perjalanan, atau layanan asisten dan juga virtual.

Software as a Service
SaaS ini adalah gagasan untuk menyediakan aplikasi yang diberikan ke beberapa penyewa. Biasanya menggunakan browser dan SaaS yang umum digunakan adalah dalam penjualan HR dan ERP.

Web Based Cloud Services
Layanan ini akan memungkinkan Anda untuk memanfaatkan fungsi layanan dari web tertentu tanpa menggunakan aplikasi sepenuhnya. Sebagai contoh dari SaaS termasuk API untuk Google Maps atau untuk layanan seperti yang melibatkan gaji atau pengelola kartu kredit.

Utility Cloud Services
Ini adalah penyimpanan dan server virtual pilihan yang organisasi dapat mengakses pada permintaan, bahkan memungkinkan penciptaan sebuah pusat data virtual.

Platform as a Service
Utility cloud services adalah varian dari SaaS yang akan memungkinkan untuk menjalankan aplikasi Anda sendiri tetapi Anda melakukannya pada infrastruktur penyedia cloud server.

Managed Services
Managed services ini mungkin iterasi tertua dari solusi cloud server yang biasanya digunakan untuk suatu aplikasi saja dan bukan untuk pengguna. Misalnya digunakan untuk layanan anti spam atau layanan monitoring aplikasi.

Cloud computing sekarang ini sudah menjadi pilihan yang layak dan bahkan sangat diperlukan untuk banyak model bisnis. Saat ini telah tersedia banyak pilihan mulai dari layanan cloud provider Indonesia serta luar negeri dengan penawaran yang berbeda sesuai kebutuhan pengguna.

Berita Rekomendasi: