Facebook Sekarang Bisa Otomatis Deteksi Akun Palsu

Diposting pada

Dalam rangka meningkatkan keamanan layanannya, Facebook beberapa waktu yang lalu telah menguji alat yang dapat memberitahu pengguna, ketika nama dan gambar profil mereka digunakan untuk membuat akun Facebook palsu.

Facebook Otomatis Deteksi Akun Palsu
Facebook Otomatis Deteksi Akun Palsu

Fitur terbaru yang dapat mendeteksi akun palsu secara otomatis ini mulai diuji sejak bulan November 2015 dan dinyatakan efektif hingga 75 persen.

Ketika Facebook mendeteksi duplikat akun nantinya akan secara otomatis memberitahukan kepada pemilik akun asli, kemudian pengguna dapat memutuskan untuk mengambil tindakan pada peniru tersebut.

Fitur ini memang dapat berjalan secara otomatis, namun akun yang ditandai tersebut tetap akan ditinjau secara manual oleh Facebook. Orang yang membuat akaun palsu itu kemudian dapat bendera profil sebagai peniruan dan tim keamanan Facebook diberitahu untuk menghapus akun.

Saat ini kurang lebih sekitar 75% dari akun Facebook akan secara otomatis mendapatkan pemberitahuan ketika seseorang menggunakan foto profil serta nama pengguna mereka untuk membuat sebuah akun palsu.

Ancaman keamanan terbesar dari banyaknya akun palsu bagi pengguna Facebook merupakan seorang perempuan. Biasanya seseorang akan memilih akun perempuan untuk membuat profil palsu tersebut dan akan digunakan untuk melecehkan mereka.

Fitur pendeteksi akun palsu ini memang belum tersedia sepenuhnya, namun untuk pengguna yang merasa akunnya dipalsukan tidak perlu menunggu algoritma Facebook. Anda dapat mengunjungi langsung alat pelaporan Facebook untuk mengingatkan tim keamanan jika akun Anda sedang di tiru orang lain.

Facebook saat ini memang sedang serius meningkatkan keamanan layannanya, terutama terhadap pelecehan, phishing, dan penipuan. Selain itu Facebook juga telah menghadirkan fitur pemeriksaan keamanan yang akan memungkinkan pengguna untuk  mengontrol berapa banyak informasi mereka yang dapat dilihat oleh orang lain.

Kehadiran fitur baru yang bisa mendeteksi akun Facebook palsu secara otomatis ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan untuk pengguna. Apakah fitur ini sudah tersedia pada akun Facebook Anda?