Melihat Gerhana Matahari Dapat Merusak Mata, Ini Cara Yang Aman

Diposting pada

Jangan pernah mencoba melihat Gerhana Matahari secara langsung, itu sangat berbahaya karena dapat merusak retina mata Anda bahkan kebutaan. Lalu bagaimana cara melihat Gerhana Matahari yang aman tanpa merusak mata?

Cara Paling Aman Melihat Gerhana Matahari
Cara Paling Aman Melihat Gerhana Matahari (Foto: timeanddate.com)

Tenang saja ada banyak cara sederhana yang dapat Anda coba, tips ini bisa digunakan jika Anda tidak sempat atau memang tidak ingin membeli kacamata khusus gerhana matahari. Sejumlah cara alternatif yang sangat aman untuk melihat fenomena langka ini sangat mudah dan juga tanpa perlu mengeluarkan banyak modal.

Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan barang rumah tangga termasuk saringan dan cermin, namun kali ini kami akan memberikan tips dengan menggunakan bahan kertas. Seperti yang telah banyak diberitakan, bahwa gerhana matahari total akan terjadi besok pada Rabu 9 Maret 2016.

Gerhana Matahari total ini akan terlihat di sepanjang area Samudera Pasifik yang dimulai dari wilayah Indonesia dan akan berakhir di Samudra Pasifik bagian utara. Menariknya fenomena langka ini tidak dapat dilihat di semua negara, Gerhana Matahari total yang akan terjadi pada Rabu 9 Maret besok hanya dapat dilihat di Indonesia.

Jadi jika Anda adalah orang Indonesia, maka Anda termasuk orang yang cukup beruntung karena berada di bagian kanan dari dunia untuk bisa melihatnya. Namun yang perlu di ingat, bahwa menatap langsung Gerhana Matahari tanpa filter dapat merusak penglihatan Anda dengan merusak retina mata Anda.

Berikut adalah cara sederhana untuk melihat Gerhana Matahari yang aman tanpa takut merusak mata. Salah satu cara sederhana yang paling aman untuk menyaksikan Gerhana Matahari adalah dengan menggunakan dua lembar kertas karton untuk membuat proyektor lubang jarum.

Projector sederhana dari kertas

Cara termudah yang paling sederhana, tercepat, dan aman untuk meihat Gerhana Matahari adalah dengan proyektor yang terbuat dari dua lembar kertas karton.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Dua lembar kertas karton atau bisa juga menggunakan kardus bekas.
  • Sebuah jarum atau benda lainya yang bisa digunakan untuk membuat lubang kecil pada kertas.

Langkah selanjutnya:

  1. Untuk membuat proyektor lubang jarum secara cepat, ambil selembar kertas dan membuat lubang yang sangat kecil tepat dibagian tengah dengan menggunakan jarum dan pastikan bahwa lubang tersebut bulat kecil serta halus.
  2. Meletakan selembar kertas yang telah anda lubangi tadi dengan posisi yang memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari di atas kertas.
  3. Kemudian letakkan lembar kertas kedua dibawah kertas berlubang tadi, kertas kedua ini akan bertindak sebagai layar dan Anda akan melihat sebuah gambar Matahari pada layar kertas melalui lubang jarum.
  4. Untuk membuat gambar Matahari yang lebih besar lagi, Anda bisa meletakkan kertas layar lebih jauh dari kertas dengan lubang jarum.

Mudah kan membuatnya? dari bahan-bahan sederhana tersebut Anda sudah bisa menyaksikan Gerhana Matahari secara aman tanpa takut merusak mata.

Tips aman!

  • Jangan pernah mencoba melihat Gerhanai Matahari secara langsung tanpa menggunakan pelindung.
  • Perlu Anda ketahui, kacamata biasa tidak bisa melindungi mata Anda dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari.
  • Jangan pernah melihat Gerhana Matahari langsung melalui lubang jarum.