Kiddle Mesin Pencari Khusus Anak Bukan Milik Google

Diposting pada

Situs pencarian baru Kiddle baru saja diluncurkan, mesin pencari ini dirancang khusus untuk anak dan akan memfilter semua konten dewasa dan negatif lainnya. Untuk menyaring konten dewasa yang berbahaya untuk anak, tampaknya situs pencari ini memakai Google Custom Search, sehingga banyak konten negatif yang telah berhasil difilter oleh Kiddle.

Kiddle Mesin Pencari Khusus Anak
Kiddle Mesin Pencari Khusus Anak

Berikut ini adalah pernyataan dari Kiddle, situs yang muncul dalam hasil pencarian Kiddle telah memenuhi semua persyaratan ramah keluarga, karena situs dengan konten eksplisit atau menipu telah disaring. Halaman yang muncul pada hasil pencaraian Kiddle telah dipilih dan diperiksa oleh editor, sehingga akan menghadirkan pencarian situs yang aman yang secara khusus ditujukan untuk anak-anak.

Pihak Kiddle mengklaim bahwa hasil dari pencariannya sangat ramah untuk anak, namun pada kenyataanya tidak semua konten dewasa tersebut berhasil diblokir oleh mesin pencari khusus anak ini. Beberapa nama artis yang mengandung konten dewasa masih bisa muncul dalam pencarian Kiddle, seperti hasil referensi pencarian dari beberapa foto dan berita yang masih mengandung konten dewasa.

Selain memiliki tampilan khas serta gambar yang menarik untuk anak, hasil dari pencarian Kiddle ini telah melewati safety mode. Hasil pencarian yang pertama hingga ketiga yang tampil akan menghadirkan bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh anak-anak, karena sebelumnya telah dipilih serta diperiksa oleh editor Kiddle terlebih dahulu sehingga halaman tersebut cukup aman untuk anak.

Menurut kabar sebelumnya, mesin pencari Kiddle ini merupakan resmi milik Google yang hadir untuk pengguna Internet anak-anak. Mesin pencari baru ini hadir dengan tampilannya yang hampir mirip dengan Google, sehingga Kiddle dianggap resmi dari Google. Namun pihak Google menyatakan tidak pernah bekerjasama dan tidak memiliki hubungan dengan Kiddle.

Selain belum bisa sepenuhnya menyaring konten negatif, kekurangan dari Kiddle ini belum bisa menampilkan hasil pencarian Bahasa Indonesia dengan baik. Kehadiran Kiddle untuk kedepannya diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi dan benar-benar bebas dari konten dewasa dan konten negatif berbahaya lainnya. Sehingga para orang tua nantinya akan merasa nyaman saat anaknya menggunakan situs pencari khusus anak ini.

Berita Rekomendasi: