WhatsApp untuk BlackBerry dan Nokia Ditutup Akhir 2016

Diposting pada

WhatsApp akan segera menghentikan dukungannya untuk sejumlah sistem operasi pada akhir 2016 nanti. Sekarang ini Android, iOS, dan Windows Phone yang mendominasi ranah smartphone. Tampaknya WhatsApp kedepannya ingin mengembangkan aplikasi Instant messaging tersebut hanya untuk perangkat terbaru yang paling banyak digunakan.

WhatsApp untuk BlackBerry dan Nokia
WhatsApp untuk BlackBerry dan Nokia

Kabar buruk ini awalnya muncul pada saat WhatsApp merayakan ulang tahun ketujuh dan juga satu miliar pengguna aktif bulanan. WhatsApp telah mengumumkan bahwa dukungan untuk OS BlackBerry versi lama hingga BlackBerry 10, Nokia Symbian S60, dan Nokia S40 akan dihentikan pada akhir 2016 nanti. Selain itu, WhatsApp juga tidak akan mendukung lagi Android 2.1, Android 2.2, dan Windows Phone 7.1.

Sementara itu, BlackBerry saat ini juga sedang fokus mengembangkan platform Android dan kemungkinan tidak akan membuat perangkat BlackBerry versi terbaru. Pada awal kehadiran WhatsApp di tahun 2009, pengguna perangkat mobile tampak sangat berbeda jika dibandingkan dengan sekarang ini.

Sekitar 70 persen dari smartphone yang terjual pada saat itu menggunakan OS yang ditawarkan oleh BlackBerry dan Nokia.  Pada saat itu perangkat mobile yang ditawarkan oleh Google, Apple dan Microsoft hanya berada di kurang dari 25 persen, namun saat ini semuanya berbanding terbalik. Tiga perangkat tersebut yaitu Android, iOS dan Windows Phone saat ini telah menyumbang hingga 99,5 persen.

WhatsApp awalnya hanya hadir sebagai aplikasi mobile messaging sederhana, dan sekarang telah mengalami perkembangan secara pesat. WhatsApp sekarang telah mendukung panggilan suara, dan rencananya akan ditambahkan dukungan untuk panggilan video.

Keputusan WhatsApp tersebut memang cukup mengejutkan, terutama bagi sebagian pengguna yang saat ini masih menggunakan layanan WhatsApp di perangkat lama.

WhatsApp menyarankan kepada penggunanya yang hingga sekarang masih menggunakan salah satu sistem operasi lama tersebut, untuk berganti dengan perangkat yang lebih baru. Pengguna disarankan untuk upgrade ke iPhone, Android terbaru, dan Windows Phone terbaru.

Berita Rekomendasi: