Begini Fix Bug 1 Januari 1970 Penyebab iPhone Bricked

Diposting pada

Sebuah bug yang dikenal dengan 1 Januari 1970 baru saja ditemukan di beberapa seri perangkat iPhone, iPod Touch, dan iPad. Bug tersebut dilaporkan akan membuat beberapa model perangkat buatan Apple menjadi bricked sehingga tidak dapat digunakan sama sekali.

Bricked iPhone Bug 1 Januari 1970
Bricked iPhone Bug 1 Januari 1970

Penyebabnya adalah hal yang bisa dibilang sepele, perangkat iOS ini akan menjadi bricked ketika penggunanya merubah pengaturan tanggal perangkat tersebut menjadi 1 Januari 1970 kemudian melakukan restart perangkat tersebut.

Hal cukup membingungkan, bug 1 Januari 1970 ini tidak dapat diperbaiki melalui mode DFU serta dengan cara re-flashing OS. Perangkat buatan Apple yang dapat terkena bug ini di antaranya adalah chipset 64-bit, termasuk iPhone 5S, iPad Mini, iPad Air, iPod Touch 2015, serta perangkat generasi terbaru.

Hingga saat ini belum dapat diketahui penyebab dari bug tersebut, namun muncul banyak dugaan jika tanggal 1 Januari 1970 merupakan nilai nol dan dibawah nol pada basis sistem operasi iOS dan akan menyebabkan proses yang memerlukan data tanggal gagal dimuat.

Cara mengatasi perangkat iOS yang terlanjur terkena bug 1 Januari 1970 tersebut ternyata sangat mudah, pengguna hanya perlu menunggu perangkat tersebut hingga kehabisan baterai. Setelah itu perangkat iOS yang bricked terkena bug tersebut secara otomatis akan mereset pengaturan tanggal dan tidak lagi terhenti pada 1 Januari 1970.

Namun jika Anda tidak mau menunggu hingga baterai habis, sebagai cara alternatif yang hanya membutuhkan waktu singkat yaitu dengan cara mencabut baterai. Hal terpenting yang perlu Anda ingat, bahwa perangkat buatan Apple tersebut memiliki baterai Non-removable yang terintegrasi.

Sehingga diperlukan keahlian khusus untuk melepaskan baterai Non-removable tersebut, selain itu Anda juga akan kehilangan garansi. Kabar yang terbaru pihak Apple telah berjanji akan segera memperbaiki bug 1 Januari 1970 tersebut.

Namun Apple tidak memberikan penjelasan secara rinci penyebab dari bug 1 Januari 1970 ini. Sekarang ini, Apple telah mempersiapkan solusi untuk mengatasi bug tersebut dan akan segera meluncurkan pembaruan iOS.

Berita Rekomendasi: