4G Telkomsel Akan Hadir di 40 Kota Hingga Akhir 2016

Diposting pada

Salah satu provider seluler terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel berencana akan menambah jangkauan jaringan 4G LTE miliknya. Perluasan jaringan 4G tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga akhir 2016 di 40 kota di Indonesia dengan total anggaran belanja modal sebesar Rp 13 triliun.

Telkomsel 4G Coverage Area
Telkomsel 4G Coverage Area (Foto: telkomsel.com)

Telkomsel dikabarkan akan segera membangun 3.500 eNode B untuk BTS 4G, sedangkan sisanya akan digunakan untuk untuk membangun BTS 3G. Sekarang target untuk  pembuatan BTS 3G mencapai 70% dan sisanya untuk BTS 4G, sementara untuk pembuatan BTS 2G saat ini sudah tidak lagi.

Telkomsel sekarang ini telah memiliki BTS 4G eNode B kurang lebihnya mencapai 4.500, dan saat ini sudah ada 2.000 BTS eNode baru yang sudah beroperasi dalam kurun waktu dua bulan terkhir ini.

Akhir tahun 2015 lalu BTS eNode B milik Telkomsel sudah mencapai 2.500 dan untuk menjangkau 40 kota sekarang akan ditambah lagi sebanyak 4.500 unit, jadi totalnya akan menjadi 6.000 di akhir tahun 2016 nanti.

Jika dihitung jangkauan jaringan 4G Telkomsel sekarang ini sebenarnya telah hadir di 30 kota, coverage area 4G Telkomsel yang baru tersebut diantaranya adalah di Palembang, Aceh,  Cirebon, Bogor, Tasik dan Tangerang.

Kemudian untuk rencana selanjutnya akan ditambahkan BTS 4G di 10 kota lagi dan coverage 4G yang baru itu dijanjikan minimal akan mencapai 70%.

Sayangnya untuk daftar 10 kota tersebut belum disebutkan secara rinci daerah mana saja yang nantinya akan dibangun jaringan 4G Telkomsel. Sementara itu coverage 4G Telkomsel yang saat ini sudah mencapai 70% diantaranya adalah di Samarinda, Pontianak, dan Ambon.

Seiring dengan perluasan jaringan 4G tersebut Telkomsel juga akan melakukan perbaikan infrastrukur untuk pelayanan yang lebih baik lagi. Pelanggan Telkomsel tidak hanya menginginkan kecepatan internet saja, namun juga ingin pelayanan yang jauh lebih baik.

Saat ini pelanggan yang telah menggunkan jaringan 4G telkomsel hampir mencapai 3 juta sedangkan total pelanggan secara kesuluruhan sudah mencapai 152 jutan. Dengan adanya penambahan BTS 4G Telkomsel tersebut diharapkan akan meningkat menjadi 160 juta pada akhir 2016 nanti.

Operator besar lainnya XL Axiata, kabarnya memilki target 10 juta pelanggan lebih untuk pengguna layanan 4G LTE. Langkah tersebut tampaknya juga akan diikuti oleh Telkomsel dengan target pelanggan 4G LTE 10 juta. Untuk memenuhi target tersebut, Telkomsel akan menambah jaringan 4G LTE di 40 kota hingga akhir 2016.

Frekuensi 4G LTE Telkomsel saat ini berjalan pada FDD LTE (B8) 900 MHz dan FDD LTE (B3) 1800 MHz, untuk bisa mendapatkan sinyal 4G Telkomsel pastikan perangkat yang anda gunakan mendukung frekuensi tersebut dan juga telah menggunakan uSIM 4G Telkomsel. Apakah saat ini di Kota anda telah tercover 4G LTE Telkomsel? tunggu saja kedatangannya sebentar lagi.

Berita Rekomendasi: