BlackBerry Diduga Akan Beralih ke OS Android

Diposting pada

Blackberry berbasis Android telah dirilis pada bulan Oktober 2015 lalu, smartphone terbaru ini adalah Blackberry Priv. Perangkat Blackberry Android terbaru tersebut menggunakan chipset Snapdragon 808, 32 GB penyimpanan internal, 3 GB RAM dan berjalan pada OS Android v5.1.1 Lollipop.

Blackberry Priv
Blackberry Priv (Foto: blackberry.com)

Harga Blackberry Priv di Indonesia saat ini, dijual mulai dari harga Rp 10.500.000 hingga Rp 11.000.000. Meskipun saat ini sedang fokus untuk mengembangkan Blackberry OS Android, namun pihak Blackberry telah berulang kali menyatakan tidak akan melepaskan OS BlackBerry 10.

Perusahaan yang berbasis di Canada ini berencana akan tetap mengembangkan BlackBerry 10 tersebut sembari fokus di platform Android. Namun masih banyak yang memprediksi bahwa pihak BlackBerry suatu saat nanti akan melepaskan OS BlackBerry 10.

Mengingat saat ini perangkat Android adalah yang  paling terpopuler di gunakan dan terbaik pada dukungan aplikasi. Kabar yang terbaru, prediksi tersebut diperkuat dari pernyataan salah satu senior director BlackBerry Damian Tay.

Dia mengatakan jika Blackberry di masa yang akan datang kemungkinan tidak akan fokus di dua platform yang berbeda. Banyak yang memperkirakan, nantinya setelah Blackberry berhasil menjadikan OS Android yang berjalan pada perangaktanya lebih aman, perusahaan asal Canada ini akan beralih ke OS Android.

Selain itu perangkat Blackberry Priv juga disebut sebagai transisi perangkat Blackberry ke ekosistem OS Android. Saat Blackberry berbasis Android tersebut hadir, perangkat ini tidak mempunyai dua platform yang berbeda. Kemungkinan di masa yang akan datang perangkat yang terbaru akan menggunakan Android sebagai platform utama untuk smartphone.

Untuk sekarang ini, Blackberry mempunyai dua platform yaitu BlackBerry 10 dan Blackberry Priv yang berbasis Android pada smartphone buatannya. Sementara untuk perangkat terbaru selanjutnya akan fokus pada platform Android, Blackberry lebih memilih platform Android dikarenakan ekosistem dari aplikasi Android yang bisa di andalkan.

Pernyataan tersebut memang tidak menyebutkan dengan rinci strategi BlackBerry di masa yang akan datang. Namun, bisa jadi pernyataan dari Damian Tay ini memang memberi isyarat jika BlackBerry suatu saat nanti akan berhenti membuat perangkat berbasis OS BlackBerry 10.

Smartphone pertama Blackberry berbasis Android diberi nama BlackBerry Priv dan telah diluncurkan pada bulan Oktober 2015 lalu. Memang tidak disebutkan secara rinci angka penjualan dari blackberry android terbaru tersebut, namun Blackberry Priv dikatakan sukses di pasaran. Sementara itu CEO BlackBerry John Chen, telah membantah mengenai kabar yang menyatakan akan menghentikan pengembangan perangkat BlackBerry 10 tersebut.

Meskipun sekarang ini sedang fokus mengembangkan Blackberry berbasis Android, John Chen mengatakan, OS BlackBerry 10 tidak mungkin akan ditinggalkan dan mengatakan jika kehadiran BlackBerry Priv bertujuan untuk lebih meningkatkan minat konsumen pada perangkat buatan Blackberry dan perusahaan asal Canada tersebut kedepannya masih tetap fokus membuat smartphone dengan OS BlackBerry 10.

Apakah di masa yang akan datang BlackBerry benar-benar akan beralih ke platform Android dan akan meninggalkan OS BlackBerry 10? kita tunggu saja perkembangan selanjutnya, karena hingga saat ini belum ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan tersebut.

Berita Rekomendasi: