Xiaomi dan Leadcore Kembangkan Chipset 4G Murah

11

Xiaomi dengan Leadcore akan bekerjasama untuk mengembangkan SoC (system on chip) terbaru, Xiaomi akan segera membangun SoC low-cost dengan tujuan untuk mengurangi ketergantungan pada pemasok utama Qualcomm dan MediaTek.

Xiaomi Chipset Leadcore
Xiaomi Chipset Leadcore

Penggunaan chipset Leadcore di perangkat Xiaomi ini bukan menjadi yang pertama karena sebelumnya Chipset Leadcore L1860C Quad-core 1.5 GHz telah dibenamkan pada Xiaomi Redmi 2A.


Hampir semua produsen smartphone besar di pasar telah menggunakan SoC terbaru buatan mereka sendiri, salah satunya adalah tiga vendor smartphone besar seperti Apple, Samsung, dan Huawei.

Wakil presiden Leadcore Marsekal Cheng, mengungkapkan bahwa pihak Xiaomi telah menghubungi perusahaan Leadcore untuk menyewa desain SoC mobile untuk perangkat Xiaomi. Rencananya Xiaomi dan Leadcore akan berkolaborasi pada tiga tingkatan termasuk produk, teknologi dan paten.

Xiaomi tampaknya akan mengikutinya, hal ini bertujuan untuk mempertahankan pengaruh perangkat Xiaomi di pasar dan juga menghindari ketergantungan pada pemasok chipset utama. Selain itu, desain SoC terbaru pada perangkat Xiaomi nantinya akan berbeda jika dibandingkan dengan perangkat lainnya.

Xiaomi yang saat ini berada pada peringkat ke 2, pada triwulan 2/2015 telah mendistribusikan 13,5 juta unit smartphone di pasar China untuk 13,7% pangsa pasar.

Sementara itu Apple masih memegang posisi nomor satu di pasar China pada kuartal 2/2015 dengan penjualan sebesar 14,5 juta unit iPhone, kemudian Huawei di peringkat ke 3 dan Samsung di peringkat ke 4.

Chipset Leadcore
Chipset Leadcore

Leadcore Technology adalah perusahaan semikonduktor fabless China yang menyediakan solusi SoC (system on chip) untuk smartphone dan tablet, yang fokus dalam standar jaringan TD-SCDMA dan TD-LTE yang digunakan di China dan di negara lain.

Menurut DigiTimes, di Q2 2014 Leadcore adalah pemasok terbesar keenam dari prosesor smartphone di China dengan pangsa pasar sebesar 3% dari semua unit, untuk pengiriman dari sekitar 3 juta unit.

Selain itu, Leadcore Technology Co.Ltd. juga merupakan salah satu anggota dari Datang Telecom Technology, dan selama ini telah didedikasikan untuk pengembangan teknologi inti dari TD-SCDMA dan TD-LTE terminal selama lebih dari 10 tahun. Leadcore juga telah mengambil keuntungan dari teknologi inti serta paten di TD-SCDMA dan TD-LTE dari Datang Telecom Technology.

BERBAGI

[dewi@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang perempuan pendiam yang tertarik dengan semua hal tentang teknologi , kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.