Ini Dia Daftar Frekuensi LTE Operator Seluler di Indonesia

Diposting pada

Hampir semua operator seluler di Indonesia sekarang ini telah menerapkan teknologi 4G LTE di beberapa daerah, setelah proses refarming di frekuensi 1.800 MHz selesai pada 16 November 2015. Beberapa kota di Indonesia saat ini sudah bisa menikmati layanan 4G LTE yang telah disediakan oleh setiap operator seluler.

Daftar Frekuensi LTE Operator Seluler di Indonesia
Daftar Frekuensi LTE Operator Seluler di Indonesia

Kehadiran 4G LTE di Indonesia pada akhir tahun 2015 ini memang sudah di tunggu pelanggan sejak lama, namun ada beberapa hal penting yang perlu anda ketahui sebelum dapat menggunakan layanan 4G LTE tersebut.

Langkah yang pertama pastikan perangkat 4G LTE yang anda gunakan mendukung frekuensi yang telah di tetapkan oleh operator seluler yang anda gunakan.

Setiap operator seluler di Indonesia sekarang ini menggunakan band frekuensi LTE yang berbeda, yaitu mulai dari B5 FDD LTE 850 Mhz, B8 FDD LTE 900MHz, B3 FDD LTE 1.800MHz, dan B40 TDD LTE 2.300MHz.

Jika perangkat 4G LTE yang anda gunakan tidak mendukung band frekuensi tersebut maka bisa dipastikan tidak dapat menerima sinyal 4G LTE pada perangkat anda.

Selain memeriksa frekuensi pada perangkat anda, untuk bisa menggunakan layanan 4G LTE pastikan daerah anda sudah tercover jaringan 4G LTE serta mengganti SIM Card lama dengan uSIM 4G LTE yang bisa di dapatkan di tempat yang telah di sediakan oleh setiap operator.

Ada dua opsi yakni menukar SIM Card lama dengan uSIM 4G LTE (gratis serta mendapatkan nomer yang sama) dan bisa juga membeli uSIM 4G LTE baru.

Penggunaan frekuensi LTE ada yang berbeda di setiap kota, sebagai contoh Indosat Ooredeoo di wilayah Bandung, Jakarta, Denpasar, dan Yogyakarta menggunakan dual carrier B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz dan B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz.

Kemudian 4G Plus Indosat Ooredeoo untuk wilayah Surabaya, Surakarta, ‎Sukabumi, Semarang, Malang, Makassar, Balikpapan, Pati, Pontianak, Padang, Bogor, Banyumas,  Lampung, Tasikmalaya, Rembang, Kudus, dan Jepara menggunakan single carrier B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz.‎

Sementara untuk informasi lebih lengkap mengenai penggunaan band frekuensi dan ketersedian jaringan LTE operator lainnya di daerah anda, bisa di lihat di website resmi operator seluler yang anda gunakan tersebut atau bisa juga menghubungi melalui call center yang tersedia.

Berikut ini daftar band frekuensi LTE di Indonesia yang kami rangkum dari berbagai sumber:

  1. Telkomsel: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  2. Indosat Ooredoo: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  3. XL Axiata: B8 FDD LTE frekuensi 900 MHz / B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  4. Tri Indonesia: B3 FDD LTE frekuensi 1.800 MHz
  5. Smartfren: B5 FDD LTE frekuensi 850 Mhz / B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz
  6. Bolt: B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz

Jenis teknologi 4G LTE yang digunakan operator seluler Indonesia saat ini adalah FDD LTE (Frequency Division Duplex), TDD LTE (Time Division Duplex), serta LTE Advanced, ketiga teknologi tersebut memiliki kekurangan dan juga kelebihan.

Teknologi FDD ini dapat bekerja pada 2 frekuensi berbeda secara bersamaan yaitu frekuensi FDD LTE 900 MHz dan FDD LTE 1.800MHz. Penggunaan teknologi FDD di 2 frekuensi ini dekenal dengan istilah dual carrier, kelebihannya adalah upload dan download menjadi seimbang karena berjalan di frekuensi berbeda.

Sementara TDD LTE B40 frekuensi 2.300MHz memiliki kelebihan salah satunya adalah unggul dalam kecepatan download, cara kerja TDD LTE menerima serta mengirim data di frekuensi yang sama secara bergantian dan kelemahannya adalah pada kecepatan upload.

Sedangkan untuk teknologi LTE Advanced adalah hasil pengembangan antara FDD LTE dengan TDD LTE, LTE Advanced yang dapat berjalan secara bersamaan di FDD LTE dan TDD LTE.

LTE Advanced tersebut dapat berjalan di dua frekuensi yang berbeda secara bersamaan yakni pada TDD LTE dan FDD LTE, teknologi LTE Advanced lebih stabil, lebih cepat, serta jangkauan yang lebih luas.

Saat ini yang telah menerapkan LTE Advanced tersebut adalah Smartfren yang berjalan di B5 FDD LTE frekuensi 850 Mhz dan B40 TDD LTE frekuensi 2.300 MHz. Kemudian kabar yang terbaru yang kami dapatkan Telkomsel dan Indosat Ooredoo juga akan menggunakan teknologi LTE Advanced pada tahun 2016 nanti.