iPhone 7 Akan Gunakan Chipset Intel Modem LTE Cat 10

Diposting pada

Apple berencana menggunakan chipset modem LTE Cat 10 berkecepatan 450 Mbps buatan Intel di iPhone 7. Seperti yang kita ketahui, saat ini Apple menggunakan chipset dari Qualcomm untuk mengoptimalkan jaringan pada produk iPhone.

Chipset Intel Modem XMM 7360
Chipset Intel Modem XMM 7360

Kabar terbaru tersebut datang dari Arstechnica, Apple dikabarkan akan menggunakan chipset Intel modem XMM 7360 untuk beberapa model dari iPhone 7. Apple tertarik dengan teknologi Intel karena dari depan dan belakang memilki teknologi pemrosesan 14-nanometer yang menghasilkan chip silikon dengan kepadatan yang unggul.

Walaupun belum secara resmi ditunjuk, Intel dikabarkan telah menyiapkan ribuan karyawan yang akan bekerja untuk mempersiapkan modem LTE Intel XMM 7360 di perangkat Apple iPhone 7. Saat ini Apple masih mengandalkan chipset modem dari Qualcomm di beberapa model produk iPhone, yaitu chipset Qualcomm 9X45 LTE.

Apple tetap akan menggunakan chipset modem buatan Qualcomm meskipun kerjasama antara Apple dan Intel tersebut terwujud, dan akan menggunakan kedua chipset tersebut di beberapa model produk Apple yang berbeda. Apple diperkirakan akan mematenkan teknologi modem buatan Intel tersebut untuk dikombinasikan dengan SoC milik Apple.

Apple saat ini telah mempertimbangkan untuk membuat SoC terbaru yang telah dilengkapi lisensi untuk modem tersebut. Intel chipset modem XMM 7360 LTE Advanced Cat. 10 memiliki kecepatan maksimal 450 Mbps yang mendukung teknologi jaringan Worldwide band LTE FDD dan LTE TDD serta jaringan DC-HSPA+, TDSCDMA, dan EDGE.

Spesifikasi lengkap smartphone flagship iPhone 7 tersebut hingga saat ini belum terungkap secara rinci dan gambar yang beredar juga masih berupa konsep, namun belakangan ini banyak kabar beredar yang menyebutkan jika produk terbaru dari Apple tersebut akan diluncurkan pada tahun 2016 nanti.

Berita Rekomendasi: