Windows 10 dan Android Marshmallow Hadir di Perangkat Xiaomi

Diposting pada

Xiaomi Mi 4 merupakan smartphone high-end yang dirilis pada Agustus 2014, Mi 4 berjalan pada OS Android v4.4.3 KitKat dengan layar IPS 5.0 inchi 1080×1920 pixel 441 ppi serta didukung chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 Quad-core 2.5 GHz Krait 400.

Windows 10 dan Android Marshmallow Hadir di Perangkat Xiaomi
Windows 10 dan Android Marshmallow Hadir di Perangkat Xiaomi

Selain itu Mi 4 memiliki 3 GB RAM, GPU Adreno 330, penyimpanan internal 16 GB, kamera belakang 13 MP depan 8 MP, serta baterai Non-removable Li-Ion 3080mAh. Mi 4 yang awalnya berjalan pada OS Android v4.4.3 tersebut sebentar lagi dapat berjalan pada OS Windows 10 Mobile dan Android 6.0 Marshmallow.

Windows 10 Mobile telah di uji oleh Microsoft di perangkat Mi 4 beberapa bulan lalu dan sekarang ini telah dirilis pada perangkat Xiaomi Mi 4. OS Windows 10 Mobile yang  berjalan pada Perangkat Xiaomi sebenarnya sudah terungkap sejak bulan April lalu.

Tetapi pihak Xiaomi baru saja mengenalkannya di halaman Weibo, dari foto yang dirilis terlihat bahwa smartphone flagship tersebut berjalan pada Windows 10 Mobile. OS besutan Microsoft tersebut diperkirakan akan tersedia untuk smartphone Android lainnya namun belum diketahui secara detail.

Saat ini OS Windows 10 Mobile telah tersedia untuk Xiaomi Mi 4 LTE, tablet Mi Pad, dan , Mi Note series. Microsoft akan mendapatkan keuntungan dari pengguna perangkat Xiaomi dengan yang selalu memberikan feedback yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja platform tersebut.

Sementara itu, Microsoft juga akan mendapat keuntungan dari pengguna Windows 10 Mobile yang menginstall aplikasi dari Windows Store karena sebagian besar aplikasi yang terdapat pada Windows Store adalah aplikasi berbayar.

Pengguna perangkat Xioami tampaknya akan sedikit dimanjakan karena selain dapat menjalankan Windows 10 Mobile, perangkat Xiaomi Mi 4 serta Mi Note akan mendapatkan update ke Android 6.0 Marshmallow.

Kabar tersebut telah diungkapkan oleh MIUI manajer operasional di halaman Weibo, dalam postingan itu disebutkan bahwa perangkat Xiaomi Mi 4 serta Mi Note akan mendapatkan update Android 6.0 Marshmallow dalam versi MIUI 7, namun untuk tanggal rilisnya belum dijelaskan secara rinci.