Snapdragon Camera 2.1 Hadirkan Efek DSLR di Smartphone

Snapdragon Camera 2.1 memungkinkan penggunanya untuk menggunakan beberapa fitur yang saat ini hanya terdapat pada kamera DSLR. Menurut data dari Internet Trend Report 2014 hampir dua miliar lebih foto diunggah dan dibagikan secara online setiap hari dan sebagian besar foto tersebut diambil dengan smartphone atau tablet.

Snapdragon Camera 2.1

Snapdragon Camera 2.1 (foto: qualcomm.com)

Qualcomm Snapdragon 800 akan mendukung kinerja Snapdragon Camera secara maksimal karena salah satu fokus utama chipset tersebut adalah dirancang untuk mengambil foto, mengedit foto, dan membuatnya lebih mudah untuk berbagi saat-saat yang membuat hidup begitu istimewa.

Perangkat Qualcomm Snapdragon 800 memiliki banyak kelebihan salah satunya adalah dual image sensor processor yang mendukung hinggga lebih dari 21 MP kamera serta dapat merekam video 4K Ultra HD. Selain itu Qualcomm Snapdragon 800 adalah sebuah prosesor quad-core dengan kecepatan 2.3GHz serta menggunakan GPU Adreno 330.



Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ketika lampu flash pada smartphone aktif, gambar yang Anda dapatkan terkadang menjadi kurang baik misalnya terlalu terang, warna menjadi kuning dan lainnya. Dari pengalaman tersebut sebagian orang banyak yang tidak ingin mengaktifkan lampu flash lagi.

Fitur kamera Qualcomm ChromaFlash pada Snapdragon Camera akan menjawab keluhan tersebut, ChromaFlash dirancang untuk mengambil foto secara bersamaan dengan flash. Gambar akan mengambil kecerahan menjadi satu dengan flash dan akurasi warna dari yang lainnya yang akan menghasilkan keseimbangan foto menjadi lebih baik.

Selain lampu flash fitur optical zoom biasanya salah satu hal yang akan ditinggalkan oleh pengguna smartphone karena fitur tersebut pada umumnya akan menghasilkan gambar yang kurang baik. Fitur OptiZoom pada Snapdragon Camera dengan dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 ini dirancang untuk menangani kebutuhan tersebut.

Fitur OptiZoom bekerja dengan cara mengambil 12 gambar dan kemudian menciptakan gambar yang lebih tajam dengan membandingkan perbedaan dan persamaan dalam gerakan mikro dari pixel. Fitur kamera Qualcomm OptiZoom ini diharapkan akan menjawab keluhan tentang fitur optical zoom pada smartphone.

Teknologi lain yang juga menarik adalah fitur kamera Qualcomm UbiFocus yang dirancang untuk membuatnya lebih mudah saat mengambil gambar dari objek yang berbeda dan berada pada posisi objek, serta kedalaman berbeda yang lebih terlihat nyata.

Autofocus tradisional biasanya memiliki kesulitan membawa objek yang benar ke dalam titik fokus yang anda inginkan. Dengan Qualcomm UbiFocus ini autofocus kamera dapat menangani lima titik fokus pada objek yang berbeda yang diambil pada titik fokus yang berbeda.

Cara kerja UbiFocus ini akan memproses dan menggabungkan menjadi satu gambar akhir yang dapat Anda seleksi pada titik fokus terbaik yang Anda inginkan. Apakah akan mengambil segala sesuatu dalam titik fokus atau memilih untuk salah satu dari titik fokus, fitur UbiFocus akan memberikan pengalaman yang berbeda saat anda mengambil gambar.

Fitur HDR yang merupakan rentang dinamis tinggi, berarti fitur tersebut akan mengambil gambar yang memiliki kedua objek yang sangat terang dan sangat gelap. Saat ini fitur HDR tersebut cukup banyak diterapkan pada perangkat smartphone terbaru, fitur tersebut memang bisa mengatasinya dengan mengambil beberapa gambar secara cepat di eksposur berbeda dan menggabungkannya.

Tetapi pada beberapa perangkat smartphone kelas high-end tampaknya banyak yang mengabaikan fakta bahwa terkadang ada beberapa objek yang sedang bergerak tidak beraturan yang akan mempengaruhi kualitas gambar. Karena kelemahan tersebut hasil gambar akan dikombinasikan dengan sedikit posisi yang berbeda yang akan menyebabkan distorsi yang terlihat sedikit seperti hantu.

Dengan ghost free HDR solution sebelum mengambil gambar yang bergerak cepat, nantinya setiap objek yang bergerak akan diidentifikasi dan dicatat secara keseluruhan terlebih dahulu. Setelah semua latar belakang berhasil diidentifikasi dan dicatat, ghost free HDR solution akan memilih versi terbaik dari benda itu dan menambahkannya kembali.

Baca juga: Perbandingan Kamera iPhone 6s Dengan Nikon DSLR D750

Dalam kurang dari satu dekade kamera pada smartphone telah berkembang menjadi sangat canggih dan banyak pengguna smartphone yang mengutamakan kualitas kamera smartphone yang akan dibelinya. Dengan berbagai kelebihan dari Snapdragon Camera 2.1 ini akan menjadikan kamera smartphone serasa kamera DSLR.

Rekomendasi