Balon Internet Google Akan Hadir di Indonesia

Diposting pada

Project Loon yang merupakan balon internet dari Google yang mempunyai fungsi sama seperti BTS, Google Project Loon secara resmi akan hadir di Indonesia dan akan mengudara di 17.000 lebih pulau yang ada di Tanah Air.

Balon Internet Google Akan Hadir di Indonesia
Balon Internet Google Akan Hadir di Indonesia

Tujuan utama Project Loon adalah untuk meyediakan jaringan internet di daerah terpencil yang hingga saat ini minim akses internet. Balon Internet Google tersebut rencananya akan berada pada ketinggian 20 km dari permukaan laut, setiap Project Loon mampu menjangkau hingga radius 40 km.

Jangkauan yang sangat luas tersebut pastinya akan membantu memberikan akses internet di daerah yang selama ini tidak terjangkau oleh BTS operator seluler, mengingat BTS seluler yang ada saat ini pada umumnya hanya bisa menjangkau 5 km saja.

Untuk bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia nantinya ratusan lebih Balon Internet Google akan dibutuhkan untuk menjangkau semua daerah Indonesia, mengingat wilayah Indonesia yang mempunyai luas daratan hingga 750.000 meter persegi.

Balon Internet Google tersebut nantinya akan terus bergerak dan akan di kendalikan jika keluar jangkauan, dan kemudian akan langsung diganti dengan Balon Internet Google yang lain.

Google Project Loon yang berjumalah ratusan di stratosphere tersebut akan melintasi wilayah Indonesia dan setiap balon bisa menggantikan fungsi dari balon lainnya. Balon Internet Google itu rencanya akan fokus pada pengguna smartphone, karena pengguna smartphone saat ini di anggap sebagai pengguna internet terbanyak.

Google Project Loon ini cara kerjanya hampir sama dengan Wi-Fi, smartphone dengan dukungan 4G LTE nantinya dapat menikmati layanan tersebut dengan akses internet berkecepatan tinggi.

Balon Internet Google yang sekarang ini telah berjalan di beberapa negara mempunyai kecepatan tertinggi 10 Mbps dan kecepatan yang terendah yaitu 1 Mbps. Berapa kecepatan maksimal yang akan diberikan Balon Internet Google setelah mengudara di Indonesia nanti, sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi yang akurat.

Google Project Loon ini baru akan dilakukan pengujian di wilayah Indonesia pada 2016 tahun depan, dan akan di lakukan pengujian pada daerah terpencil di seluruh Indonesia. Wilayah pertama yang rencananya akan dilkukan uji coba adalah Papua, Kalimantan, dan Sumatera.

Google Project Loon tersebut telah bekerja sama antara Google dengan 3 operator besar di Indonesia yaitu Indosat, Telkomsel dan XL Axiata. Dalam melakukan uji coba Google Project Loon, tiga operator tersebut rencananya akan memakai jaringan 4G LTE di frekuensi 900 MHz yang sekarang ini telah dimiliki.

Berita Rekomendasi: