Perbandingan Antara MIUI 7 Dengan MIUI 6

Diposting pada

Produsen smartphone asal China Xiaomi baru saja meluncurkan MIUI 7 pada 27 Oktober 2015 kemarin, MIUI 7 merupakan user interface versi terbaru dari Xioami yang di klaim mendapat perbaikan dalam kecepatan respon hingga 30% jika di bandingkan dengan versi terdahulu yakni MIUI 6.

Perbandingan Antara MIUI 7 Dengan MIUI 6
Perbandingan Antara MIUI 7 Dengan MIUI 6

MIUI 7 diperkenalkan oleh Hugo Barra yang merupakan wakil Presiden Xiaomi internasional yang sebelumnya pernah bekerja di Google mulai dari tahun 2008 sampai 2013. MIUI 7 sendiri telah diperkenalkan pada 9 Agustus 2015 di New Delhi, India. MIUI saat ini tercatat telah digunakan oleh lebih dari 150 juta orang di 156 negara di seluruh dunia.

MIUI 7 mempunyai fokus utama untuk meningkatkan daya tahan baterai dan kinerja secara keseluruhan pada perangkat Xiaomi dan klaim mampu meningkatkan performa hingga 30%. Waktu startup telah berkurang sehingga MIUI 7 menjadi 30 persen lebih cepat dari versi sebelumnya.

Xiaomi telah menghabiskan banyak waktu untuk mengoptimalkan cara aplikasi dan sumber daya sistem yang menggunakan baterai secara berlebihan. Tampaknya usaha tersebut telah berhasil karena MIUI 7 dikatakan akan memperpanjang baterai sekitar tiga jam sehari untuk pemakaian wajar.

Xiaomi juga membuat kesepakatan besar atas tingkat kustomisasi manfaat dari MIUI, dalam versi 7 ini terdapat empat tema utama yang berbeda yang dapat di pilih. Namun jika Anda tidak puas dengan empat tema default tersebut anda dapat menemukan lebih banyak lagi di toko tema Xiaomi.

Selain itu juga terdapat fitur menarik lainnya termasuk integrasi yang lebih kuat dengan Mi Band tracker kebugaran, yang memungkinkan dapat secara otomatis beralih ke perangkat dan tidak akan mengganggu ketika band masuk ke mode tidur. Showtime juga merupakan fitur baru yang cukup menarik yang dapat menambahkan lima detik perulangan video ke kartu kontak Anda, serta dapat juga dikirim kepada teman baru menggunakan nomor Anda.

Fitur A Mode berguna untuk menyimpan informasi sensitif yang sangat aman dan dapat juga membatasi pengguna untuk beberapa pilihan aplikasi sebelum disetujui. Sementara itu ada juga modus teks XXL baru yang dapat meningkatkan ukuran font tanpa merusak gaya dan juga tata letak.

Sebuah Video perbandingan antara MIUI 7 dengan MIUI 6 berikut ini telah menunjukkan perbedaan kecepatan secara jelas.

Daftar smartphone Xiaomi yang akan mendapatkan update MIUI 7 adalah Xiaomi Redmi Note 3G, Xiaomi Redmi Note 4G, Xiaomi Mi 4, Xiaomi Mi 3, Xiaomi Mi 4i, Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi Redmi 2 dan juga Xiaomi Redmi 2 Prime.

Kemudian untuk seri perangkat Xiaomi lain yang sekarang ini belum bisa mendapatkan update MIUI 7, pihak Xiaomi sedang berusaha menyesuaikan MIUI 7 dengan perangkat tersebut dan dikabarkan akan menyusul beberapa saat lagi.

Berita Rekomendasi: