Domain Google.com Dibeli $12 Oleh Mahasiswa di AS

Diposting pada

Sanmay Ved dapat membeli domain Google.com dengan harga $ 12, padahal seperti yang telah kita ketahui Google adalah perusahaan raksasa teknologi dengan penghasilan yang sangat besar. Menurut versi dari Fortune pada tahun 2014 Google tercatat sebagai perusahaan terbaik kedua dunia dan telah mendapatkan penghasilan hingga $ 66 miliar.

Domain Google.com Dibeli $12
Domain Google.com di Beli $12

Kemudian pada tahun 2015 ini Google juga berhasil menempati posisi kedua Best Global Brand 2015 dengan nilai $ 120 miliar. Ved merupakan seorang mahasiswa di Bobson University AS, berdasarkan informasi pekerjaan pada akun LinkedIn milik Sammay Ved, dia merupakan mantan karyawan Google yang pernah bekerja di Google mulai dari tahun 2007 hingga tahun 2012.

sebelumnya pada 29 September  bulan kemarin dia hanya iseng saja mempelajari tampilan fitur pada layanan penyedia domain milik Google yaitu Google Domains.

Waktu Ved mengetik nama domain Google.com pada kolom pembelian domain tersebut tidak sengaja dia melihat bahwa domain milik Google tersedia untuk dibeli.

Sammay Ved mengira saat itu hanya kesalahan teknis saja dan tidak mungkin dapat membeli domain milik Google tersebut, namun setelah di coba ternyata dia dapat memproses pembelian hingga selesai dengan mendapatkan laporan biaya transaksi dari pembayaran pada kartu kredit.

Ved berhasil membeli domain google.com dengan harga hanya $ 12, pada akun Google Webmaster Tools milik Ved juga secara otomatis telah diperbarui dan menerima pesan webmaster untuk kepemilikan domain Google.com.

Namun Ved hanya bisa memiliki domain Google.com tersebut beberapa menit saja, karena beberapa saat kemudian domain tersebut diklaim kembali oleh Google.

Layanan pendaftaran domain tersebut adalah milik Google sendiri, jadi pihak Google dapat dengan mudah serta cepat untuk melakukan proses transfer kepemilikan domain yang telah dibeli Ved tersebut.

Kemungkinan besar terdapat bug pada sistem penyedia layanan pendaftaran Google Domains tersebut sehingga domain yang seharusnya tidak dapat dibeli dapat dibeli oleh Ved.

Dikabarkan uang Ved telah di kembalikan dan dia juga telah mendapatkan sejumlah uang dari Google karena telah menemukan sebuah bug pada layanan Google Domains. Kemudian Ved menyumbangkan uang tersebut kepada sebuah yayasan sosial di bidang pendidikan yang ada di India.