10 Kelebihan Pada OS Android 6.0 Marshmallow

Diposting pada

Android 6.0 Marshmallow akan menawarkan beberapa fitur baru yang tidak hadir di Android 5.0 Lollipop. Android Marshmallow akan membawa beberapa fitur baru Seperti Android Pay, port USB dengan dukungan Jenis C untuk transfer data lebih cepat.

Android v6.0 Marshmallow
Android v6.0 Marshmallow

Menariknya, tersedia juga App Permissions dan dukungan untuk Fingerprint Scanner untuk meningkatkan Privasi. Selain itu OS Android baru ini juga akan mendukung arsitektur 64-bit. Tujuan utama dari Android Marshmallow adalah untuk memberikan stabilitas maksimum dan kinerja.

Android Pay
Fitur baru ini hampir sama seperti Apple Pay dan Samsung Pay, Android Pay adalah salah satu fitur baru yang terdapat pada Android Marshmallow. Semua smartphone memiliki konektivitas NFC yang dapat melakukan pembayaran satu sama lain dengan sekali tekan menggunakan Android Pay.

Penggunaan fitur ini sangat aman karena Google telah menyediakan penggunaan perangkat dengan nomor virtual account sehingga tidak ada yang bisa tahu nomor kartu kredit atau kartu debit Anda yang sebenarnya dan menggunakannya untuk semua jenis penipuan. Ini adalah cara yang lebih cepat untuk membuat dan menerima pembayaran dan kompatibel dengan kedua kartu debit dan kredit

Fingerprint Support
Seiring dengan perkembangan teknologi tren perangkat dengan sensor pemindai sidik jari semakin dibutuhkan. Google telah memperkenalkan sensor pemindai sidik jari pada Android Marshmallow. Degan fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk membuka kunci perangkat dan juga untuk melakukan pembayaran menggunakan Android Pay.

Fitur baru ini tentu saja akan memberikan sedikit tambahan keamanan untuk smartphone Anda, fitur ini dapat anda gunakan tanpa harus membeli perangkat tambahan dengan fungsi pemindai sidik jari.

App Permission
Sekarang setiap kali Anda menginstal sebuah aplikasi baru pada smartphone Anda dari Google Play Store apa yang perlu Anda lakukan adalah untuk memberi akses semua izin pada aplikasi tersebut karena fitur App Permissions pada Android v6.0 Marshmallow sekarang ini tidak lagi memberikan akses aplikasi secara otomatis.

Fitur App Permissions seperti ini sebenarnya telah ada pada OS Android Kitkat di perangkat lain salah satunya adalah Xiaomi Redmi 2.

Doze
Masalah utama dengan pecinta smartphone Android adalah bahwa mereka membutuhkan perangkat dengan kemampuan hemat baterai lebih tinggi. Update terbaru ini memiliki fitur dengan nama Doze, fitur ini berguna untuk mengurangi konsumsi baterai saat perangkat dalam keadaan siaga.

Sehingga dapat meminimalkan proses aplikasi yang berjalan pada latar belakang ketika smartphone ini tidak digunakan. Selama periode ini ketika fitur Doze berjalan Anda tidak harus takut kehilangan peringatan seperti alarm atau panggilan tidak terjawab karena semuanya akan bekerja secara normal selama periode ini juga.

RAM Manager
Dengan RAM Manager ini akan membantu anda untuk melihat besar RAM yang sedang digunakan pada aplikasi dalam jumlah waktu tertentu. Menariknya adalah bahwa Anda dapat mengubah semua itu pada jumlah waktu tertentu yang Anda ingin untuk melihat penggunaan RAM.

Anda bahkan dapat melihat jumlah rinci RAM yang sedang digunakan oleh aplikasi tertentu dan fitur baru ini juga dapat memberitahu kita saat ada aplikasi yang menggunakan kapasitas RAM secara berlebihan.

Choose Status Bar Icons
Ini adalah salah satu bagian yang terkecil dari perubahan fitur namun masih tetap lebih baik dari versi sebelumnya. Fitur ini akan meningkatkan pengalaman pengguna, sekarang Anda dapat memilih ikon Anda sendiri dan dimana Anda ingin menempatkannya pada status bar dan ikon yang mana yang ingin ingin hilangkan, semua fitur itu dapat digunakan tanpa perlu memodifikasi perangkat.

Port USB Type C
USB Type C adalah port untuk pengisian yang lebih baik dan cepat dari perangkat smartphone dan sekarang ini dukungan fitur ini terdapat pada Android M. Dengan fitur ini Anda tidak harus melihat dari sisi mana Anda harus meletakkan port USB, karena port USB Jenis C ini bebas untuk dipasang di slot tanpa berpikir tentang arah seperti micro USB.

Sementara itu USB Type C mempunyai kemampuan mengisi baterai smartphone menjadi lebih cepat setidaknya 3 kali lebih cepat dari charger micro USB normal.

Rotating Home Screen
Fitur ini sampai sekarang hanya tersedia di beberapa aplikasi saja seperti game dan saat menonton video, tapi pada Android 6.0 Marshmallow kita sekarang dapat melihat pemandangan landscape home screen pada perangkat smartphone Anda.

Google Now on Tap
Google Now on Tap Ini akan membiarkan Anda tahu apa yang Anda lakukan pada perangkat smartphone Anda dengan hanya menekan dan berpegang pada tombol home dan Anda akan ditawarkan dengan pengguna informasi kontekstual tentang apa yang Anda lakukan pada smartphone.

Dengan bantuan aplikasi ini Anda bisa memanggil Google untuk membantu Anda tepat pada saat itu dengan apa pun yang Anda lakukan pada saat itu.

Reset Network Setting
Sampai sekarang apa yang dapat Anda reset pada smartphone berbasis Android hanya dapat dilakukan reset pada telepon. Pada Android Marshmallow telah ditambahkan fitur Reset Network Setting yang akan memungkinkan Anda untuk mengatur ulang pengaturan jaringan perangkat Anda, sama seperti yang Anda lakukan dengan pengaturan ulang telepon.

Fitur Reset Jaringan ini akan mengatur mencakup semua yang berhubungan dengan jaringan seperti jaringan selular, bluetooth, wifi dan bahkan data seluler dan semua ini dapat direset hanya dalam menekan satu langkah.