Android 6.0 Marshmallow Resmi Dirilis Oleh Google

Diposting pada

Android 6.0 Marshmallow merupakan versi terbaru dari OS Android saat ini yang telah diumumkan oleh Google pada akhir bulan September 2015. Fokus utama Android 6.0 Marshmallow secara keseluruhan adalah pada peningkatan pengalaman pengguna dan menghadirkan beberapa fitur unggulan terbaru.

Android v6.0 Marshmallow Resmi Dirilis
Android v6.0 Marshmallow Resmi Dirilis

Fitur tersebut diantaranya seperti App Permissions yang telah didesain ulang yang memungkinkan pengguna untuk menentukan hak akses pada aplikasi tersebut pada awal instalasi. Doze merupakan skema daya untuk memperpanjang umur baterai bila perangkat tidak dimanipulasi oleh pengguna dan dukungan untuk pengenalan sidik jari.

Kemudian untuk fitur unggulan lainnya salah satunya adalah RAM Manager, Rotating Home Screen, Reset Network Setting, dan Android Pay. Pada 28 Mei 2015 lalu banyak kabar bahwa Android M akan menjadi update berikutnya untuk Sistem Operasi Android yang terbaru.

Waktu itu sebagian besar orang menyebut OS Android terbaru ini dengan sebutan Android M, dan singkatan dari huruf M tersebut singkatan dari Muffin. Beberapa juga ada yang mencoba menyebutkan sesuatu yang lain yang berhubungan dengan permen dan makanan yang hampir sama dengan Sandwich, Jelly Bean, Lollipop tapi prediksi itu tidak ada yang benar.

Singkatan pada huruf M tersebut akhirnya terjawab setelah update dari Android tersebut resmi diluncurkan pada penghujung bulan September ini dan disebut Marshmallow.

Marshmallow sebenarnya merupakan jenis permen berbasis gula yang terbuat dari gula kocok dengan konsistensi kenyal, kemudian dibentuk menjadi potongan silinder kecil, dan dilapisi dengan tepung jagung.

Versi Preview pengembang Android 6.0 Marshmallow pertama dirilis pada tanggal 28 Mei 2015 lalu untuk perangkat Nexus dan juga perangkat lainnya.

Kemudian untuk versi preview Android 6.0 Marshmallow untuk pengembang yang terakhir  pada tanggal 17 Agustus 2015 lalu. Selain perangkat Nexus daftar sementara perangkat yang akan mendapatkan update Android 6.0 Marshmallow diantaranya adalah Samsung, Xiaomi, Huawei, HTC, Asus, Sony, LG, Elephone, OnePlus dan iBerry.

Google secara resmi telah mengumumkan versi terbaru OS Android 6.0 Marshmallow di sebuah acara khusus pada 29 September 2015 kemarin, pada acara tersebut seri Nexus terbaru yang berjalan pada OS Android 6.0 Marshmallow juga ikut diperkenalkan yaitu LG Nexus 5X dan Huawei Nexus 6P. Versi final dari Android v6.0 ini hadir setelah tiga kali merilis preview untuk pengembang.

Berita Rekomendasi: