Begini Cara Setting Kamera DSLR Yang Benar

Diposting pada

Menggunakan kamera DSLR akan menawarkan sejumlah keunggulan yang unik jika dibandingkan dengan kamera biasa dan kamera smartphone, keunggulan utama adalah kemampuan untuk mengganti lensa. Dalam panduan untuk pemula ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat utama dari kamera DSLR.

Cara Setting Kamera DSLR Yang Benar
Cara Setting Kamera DSLR Yang Benar

Salah satunya ketika Anda sedang memotret dengan secara manual dengan cara menekan setengah tombol rana, Anda akan melihat beberapa AF autofocus poin yang ketika telah mencapai fokus pada titik apa pun dalam bingkai. Fitur ini dirancang untuk membantu Anda mengambil gambar yang tajam.

Namun jika Anda menggunakan mode dasar Portrait, Landscape dan lainnya, kebanyakan DSLR akan secara otomatis dapat memilih titik AF, sehingga kamera Anda menggunakan titik AF untuk fokus pada apa saja yang dianggapnya sebagai titil fokus terbaik. Hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan keinginan anda karena kebanyakan orang menginginkan titik fokus tertentu secara manual.

Advertisement

Salah satu dari sekian banyak manfaat dari menggunakan DSLR adalah bahwa Anda dapat mengontrol apa saja yang yang anda inginkan untuk memastikan hasil yang terabaik tajam setiap waktu. Dari situ anda memiliki pilihan untuk secara manual untuk memilih titik AF pada kamera DSLR.

Jika anda adalah seorang pemula pasti anda akan kesulitan untuk menentukan komposisi setting kamera DSLR yang pas. Karena sebenarnya anda tidak bisa menggunakan cara yang sama pada tempat berbeda karena dibutuhkan cara yang berbeda pada setiap lokasi pengambilan gambar. Sebab 3 fungsi eksposur yaitu ISO, shutter speed dan juga aperture cenderung memiliki sifat yang independen.

Dari situ kita tidak harus ingat kombinasi nilai yang kita gunakan sebelumnya, mengingat kondisi cahaya di setiap tempat sudah pasti berbeda. Tips dasar yang perlu anda ketahui adalah ketika nilai ISO pada level tinggi gambar yang dihasilkan akan semakin terang. Misalnya nilai ISO 200 akan menghasilkan gambar lebih terang dari pada nilai ISO 100, dan nilai shutter speed yan lebih cepat akan menghasilkan gambar yang lebih gelap.

Misalnya shutter speed dengan nilai 1/100 detik akan menghasilkan gambar lebih gelap dari nilai shutter speed 1/30 detik, kemudian aperture f/8 akan menghasilkan gambar lebih gelap dari aperture f/4. Untuk mencari suatu kombinasi setting kamera DSLR yang terbaik anda dapat menentukan posisi lightmeter, posisi lightmeter sebaiknya anda atur tepat berada ditengah.

Hal tersebut berguna untuk menyesuaikan kombinasi cahaya dengan kalkulasi nilai kamera DSLR yang memungkinkan komposisi antara terang dan gelap foto dapat mendapatkan kombinasi yang terbaik. Namun kita juga dapat menentukan posisi lightmeter sendiri sesuai dengan kebutuhan kita, karena setiap orang cenderung mempunyai keinginan yang berbeda.

Advertisement