Gambar Panorama 360 Derajat Hadir di Google Street View

Diposting pada

Google Street View dengan gambar panorama 360 derajat Candi Borobudur telah diluncurkan oleh Google. Untuk mengambil gambar dari semua sudut candi yang tidak mampu di lalui mobil Google Street View, tampaknya Google telah menggunakan Street View Trekker.

Google Street View Panorama 360 Derajat
Google Street View Panorama 360 Derajat

Yaitu tas ransel dengan berat 18 kilogram yang telah dilengkapi dengan banyak kamera yang dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan panorama 360 derajat.

Untuk menghasilkan pemandangan 360 derajat pada Candi Borobudur tersebut dibutuhkan seorang operator yang disebut Mr. Trekker. Google Indonesia saat ini hanya mempunyai 1 unit Street View Trekker satu-satunya operator Street View Trekker, dan diharapkan akan ditambah lagi pada waktu yang akan datang.

Google Street View Trekker terdiri dari 3 komponen penting yaitu beberapa kamera, sebuah komputer dan juga baterai. Tiang dengan bahan aluminium yang berada pada atas ransel digunakan untuk meletakkan kamera tersebut.

Total lensa kamera ada 15 yang tersusun ke berbagai arah. Lensa yang digunakan tersebut mempunyai sensor 5 MP serta mampu mengambil gambar tiap 2,4 detik secara otomatis saat diaktifkan.

Saat kamera pada Street View Trekker diaktifkan oleh Mr. Trekker, nantinya akan menghasilkan banyak gambar, dan selanjutnya gambar tersebut akan dibawa ke team production untuk diseleksi dan kemudian dihadirkan di Maps.

Jarak tiang kamera dengan operator sekitar 60 cm dari atas bahu yang bertujuan supaya hasil gambar tidak terhalang kepala. Kemudian jarak tiang kamera ke bagian bawah Street View Trekker berjarak 60 cm, jika di gabungkan total panjang Street View Trekker kurang lebih 180 cm.

Untuk keperluan menjaga privasi seseorang setiap wajah yang tertangkap kamera, plat mobil serta lainnya yang bersifat privasi akan di sensor dengan efek blur.

Google Street View di Indonesia rencananya akan mengunjungi berbagai tempat wisata bersejarah dengan dukungan Google Cultural Institute. Namun jumlah tempat wisata bersejarah yang akan dikunjungi tersebut tidak di sebutkan secara rinci oleh Google.

Berita Rekomendasi: