Intel SSD Optane Tercepat Dunia Berbasis 3D XPoint Technology

Diposting pada

Solid State Drive atau yang biasa dikenal dengan SSD merupakan penyimpanan jenis baru pengganti HDD (hard disk drive), SSD mempunyai kecepatan hingga delapan kali lebih cepat jika di bandingkan dengan HDD.

Intel SSD Optane 3D XPoint Technology
Intel SSD Optane 3D XPoint Technology

Intel baru saja memperkenalkan produk SSD terbarunya dengan teknologi 3D Xpoint, penyimpanan dengan teknologi tersebut mempunyai kecepatan seribu kali lebih cepat dibanding dengan SSD biasa.

SSD Optane berbasis 3D Xpoint tersebut dipamerkan Intel pada acara IDF 2015 yang bertempat di San Francisco, AS. Uji kecepatan score benchmark SSD Optane juga telah dilakukan oleh Intel pada acara tersebut,

Advertisement

Intel SSD Optane dibandingkan dengan Intel SSD premium P3700. Hasil pengujian menunjukkan jika SSD Optane mendapat nilai IOPS hingga lima kali lebih cepat dibanding SSD P3700.

Berdasarkan kecepatan tersebut hasil nilai terendah queue depth dapat meningkat hingga 7 kali lebih cepat, kemudian pada level queue depth tinggi, menunjukkan nilai 5,21 sampai 7,23 kali lebih cepat dari SSD P3700.

Teknologi 3D Xpoint sistem kerjanya akan menumpuk transistor yang bersusunan melintang, kemudian teknologi flash NAND yang terdapat pada SSD biasa cara kerjanya menjalankan transistor tradisional dari seluruh barisan.

Dengan susunan transistor tersebut setiap sel transistor dapat berjalan satu persatu langsung ke point, ketika sedang menulis serta sedang membaca data dan tidak perlu lagi membaca semua urutan sel yang membutuhkan waktu lebih lama.

Berkat kelebihan dari pembacaan data tersebut SSD berbasis 3D Xpoint dapat seribu kali lebih cepat jika dibandingkan dengan flash memori yang ada sekarang.

3D XPoint merupakan teknologi pada jenis memori non-volatile yang telah dekembangkan oleh Intel dan Micron pada Juli 2015. Walaupun semua rincian komponen bahan belum diungkapkan.

Tetapi kepadatan SSD Optane berteknologi 3D XPoint tersebut diklaim hampir sama dengan jenis memori flash. Selain itu memilki daya tahan lebih baik serta kecepatan yang lebih cepat.

Intel SSD Optane yang berbasis 3D Xpoint ini baru dijual pada tahun 2016 nanti dan belum ada informasi yang jelas mengenai kisaran harga.

Advertisement