Flash Hard Drive Samsung 16TB Merupakan yang Terbesar di Dunia

13

Flash Hard Drive Samsung 16TB belum lama ini dirilis, namun sudah banyak yang ingin segera memiliki Flash Hard Drive yang satu ini. Berita terbaru dari Samsung ini memang sedikit berbeda dari berita biasanya. Berita dari Samsung lebih didominasi oleh peluncuran ponsel-ponsel terbarunya di pasaran.

samsung ssd indonesia
samsung ssd indonesia

Namun kali ini Samsung hadir dengan berita terbarunya mengenai adanya Flash Hard Drive dengan kapasitas mencengangkan yaitu 16 TB (Terabyte). Dengan kapasitas yang sangat besar tersebut tentu sudah dapat dibayangkan, Anda dapat menyimpan banyak file ataupun data dalam Hard Drive tersebut.


Kabar ini dianggap cukup penting karena Flash Hard Drive sendiri merupakan perangkat keras yang dapat memiliki kecepatan luar biasa. Namun umumnya Flash Hard Drive hanya memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, akan tetapi kali ini Samsung meluncurkan Flash Hard Drive Samsung 16TB.

Kapasitasnya yang sangat besar membuat banyak orang tertarik ingin memilikinya. Sebagai perbandingan, kapasitas yang paling besar saat ini yang ada di pasaran hanya berkisar antara 8 hingga 10 TB saja. Jadi dengan kata lain Flash Hard Drive dari Samsung ini merupakan yang terbesar di seluruh dunia.

samsung ssd 850 evo 500gb
samsung ssd 850 evo 500gb

Flash Hard Drive yang dikeluarkan oleh Samsung tersebut mengusung teknologi Flash NAND 256 Gigabit. Perangkat ini juga telah dipadukan dengan teknik terbaru dalam penyusunan yaitu teknik penyusunan 3 dimensi. Teknik tersebut secara efektif membantu menyesuaikan kapasitas Flash Hard Drive yang lebih lega agar berada dalam ruang yang sama.

Untuk Flash Chipnya sendiri hanya disusun secara tradisional yaitu disusun secara mendatar pada bidang 2 dimensi. Samsung juga menyusun lapisan-lapisan sel memori yang ada pada Flash Hard Drive Samsung 16TB tersebut satu sama lain agar mencapai kepadatan penyimpanan yang besar.

samsung ssd 850 pro
samsung ssd 850 pro

Munculnya Flash Hard Drive dengan kapasitas terbesar di dunia ini tentunya menjadi kejutan yang besar bagi dunia. Flash Hard Drive tersebut diberi nama Samsung PM1633a, Flash Hard Drive ini mampu mengalahkan Hard Drive terbesar dari Seagate dan juga Western Digital.

Kapasitas Flash Hard Drive dari Samsung ini mencapai 2 kali lipat lebih besar dibandingkan Flash Hard Drive yang sudah ada di pasaran. Tidak heran jika Flash Hard Drive ini merupakan yang terbesar di dunia dan mendapatkan rekor. Flash Hard Drive Samsung 16TB ini dibalut menggunakan case berukuran 2.5 inchi.

Flash Hard Drive Samsung 16TB
samsung ssd 850 evo

Samsung telah berhasil menggabungkan layer berjumlah 48 dari 3-bits-per-cell (TLC) 3D V-NAND ke dalam single die serta terdapat setidaknya 480 hingga 500 die yang berkapasitas 256 Gbite Flash Hard Drive tersebut. Untuk harga, sampai saat ini masih menjadi tanda tanya besar bagi publik.

Namun perangkat keras ini sendiri ditujukan bagi pasar Enterprises ataupun server yang membutuhkan ruang memori dengan kapasitas besar. Selain kurang membutuhkan, seseorang biasanya juga akan merasa keberatan jika harus membayar harga untuk Flash Hard Drive Samsung 16TB ini.

Flash Hard Drive Samsung 16TB merupakan yang terbesar di dunia. Sebelumnya, Flash Hard Drive yang beredar di pasaran hanya berkisar antara 8 hingga 10 TB.

BERBAGI

[siska@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang cewek bawel yang mencintai dunia teknologi sejak kecil, kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan juga menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.