Smart City Menarik Minat Ratusan Developer Lokal

Diposting pada

Belum lama ini Telkomsel mengadakan suatu program kompetisi yaitu The NexDev. Dimana program tersebut bertujuan untuk mengembangkan Smart City. Program kompetisi tersebut ternyata disambut dengan baik oleh para developer lokal.

smart city technology
smart city technology

Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya peserta yang mengikuti program kompetisi tersebut. Terhitung sejak dibuka hingga ditutup masa submission dari The NextDev, ada sebanyak 507 peserta yang bergabung dalam program tersebut.

Di mana terdiri dari 363 tim dan juga 144 individu. Para peserta akan diseleksi oleh tim hingga mendapatkan finalis-finalis terbaik. Dari seleksi yang dilakukan, ada 20 orang yang akan menjadi finalis program kompetisi tersebut. Sosialisasi program kompetisi yang diadakan oleh Telkomsel tersebut dimulai sejak bulan Mei 2015.

Setelah berkeliling 10 kota-kota besar, pada tanggal 27 Juli 2015 submission program kompetisi tersebut ditutup. Yang termasuk 10 kota besar antara lain yaitu Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Denpasar dan juga Makasar.

Menurut Adita Irawati yang menjabat sebagai Vice President Corporate Communications Telkomsel, program ini memang menarik minat dari ratusan developer lokal. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya jumlah peserta.

Menurut Adita Irawati, para developer lokal sangat antusias dalam mengembangkan lingkungan menjadi lebih baik. Yang lebih menarik, para developer lokal tersebut didominasi oleh anak-anak muda yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Dari hasil yang diperoleh, menurut Adita banyak developer muda Indonesia yang memiliki kontribusi lebih dalam mengembangkan Smart City. Adita juga menegaskan bahwa program kompetisi ini tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan aplikasi yang terbaik.

Tetapi juga memberikan dampak positif bagi generasi muda agar terlibat langsung dalam pengembangan lingkungan. Adanya program kompetisi The NextDev tersebut mendapatkan dukungan yang penuh dari para stakeholder setempat.

Hal tersebut dapat dilihat dari tantangan yang diberikan oleh pemerintah kota kepada para developer muda untuk melakukan berbagai kreativitasnya. Kreativitas yang diberikan para developer muda tersebut diharapkan dapat memberikan solusi terbaik untuk dijadikan sebagai aplikasi pada 6 sub tema.

Diantaranya yaitu pemerintahan, pendidikan, kesehatan, UKM, transportasi publik dan juga pariwisata. Nantinya akan diperoleh 3 besar finalis yang akan menerima beberapa hadiah.

20 finalis akan mengikuti proses penjurian yang terdiri dari desing, Development dan Distribute. Kemudian dilanjutkan dengan pitching dan juga investor mete up. Para pemenang akan mendapatkan sejumlah uang tunai dan juga mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke pelaku industri telekomunikasi yang besar di luar negeri.

Menurut Adita, pengembangan Smart City ini harus didukung oleh berbagai pihak. Mulai dari pemerintahan, komunitas, akademisi, developer, industri dan juga media. Lewat program kompetisi The NextDev ini diharapkan kolaborasi dari semua pihak tersebut dapat terwujud dalam mengembangkan Smart City.

Program kompetisi The NextDev yang diadakan Telkomsel menarik minat para developer lokal. Program yang diadakan di 10 kota besar ini menyita perhatian berbagai pihak.