Smartfren Akan Hadirkan 4G LTE di Frekuensi 2.300 MHz

25

Smartfren berencana untuk pindah frekuensi 1.900 MHz ke 2.300 MHz guna untuk menghadirkan jaringan 4G LTE di tanah air. 4G LTE Smartfren akan siap dikomersilkan di kuartal ke 3 pada tahun 2015 ini. Hingga sekarang pihak Smartfren masih melakukan serangkaian uji coba jaringan LTE guna mempersiapkan perpindahan tersebut.

Andromax Q 4G LTE
Andromax Q 4G LTE

Smartfren mempunyai target 10% hingga 20% dari pelanggan akan dapat mersakan jaringan internet super cepat 4G LTE ketika diluncurkan nantinya, Smartfren akan menggunakan teknologi 4G LTE jenis Time Division Duplex (TDD) pada Frekuensi 2.300 MHz.


Teknologi TDD merupakan teknologi LTE yang paling unggul untuk saat ini, karena lebih cepat serta mempunyai jalur yang berbeda untuk UL dan DL meskipun memakai frekuensi yang sama. Setelah Smartfren pindah dari frekuensi lama 1.900 MHz bisa dipastikan akan mempunyai frekuensi sebesar 30 MHz di 2.300 MHz.

Frekuensi seluas 30 MHz tersebut tentu saja akan mendukung teknologi LTE yang akan mereka gunakan jauh lebih maksimal. Alasan perpindahan frekuensi Smartfren dari 1.900 MHz ke 2.300 MHz tersebut karena diyakini telah mengganggu sinyal 3G GSM pada frekuensi 2.100 MHz.

Beberapa operator GSM  pemilik frekuensi 2.100 MHz itu diantaranya adalah Telkomsel, XL, Tri dan Indosat. Perpindahan frekuensi tersebut telah diklaim oleh pihak Smartfren tidak berdampak banyak pada pelangganya.

Karena pelanggan Smartfren yang sekarang ini memakai frekuensi 1.900 MHz jumlahnya sangat sedikit,  diperkirakan ada 5.000 pengguna frekuensi 1.900 MHz dari (Mobile-8) Fren sebelum bergabung menjadi SmartFren.

Lima smartphone Andromax dengan konektivitas 4G LTE saat ini telah dihadirkan oleh Smartfren guna untuk persiapan dari perpindahan tersebut. 5 device tersebut adalah Andromax R, Andromax Ec, Andromax Es, Andromax Q, dan Andromax Qi, semua seri Andromax terbaru tersebut telah mendukung 4G LTE di frekuensi 2.300 MHz.

Smartfren dikabarkan sudah siap menghadirkan jaringan 4G LTE tersebut  di frekuensi 2.300 MHz di kuartal ke3 tahun 2015, serta diharapkan selambat-lambatnya bisa digelar pada tahun 2016 mendatang.

BERBAGI

[rizky@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang pecinta gadget sejak kecil, dan mulai belajar menulis artikel tentang teknologi sejak kuliah, kesibukan saya adalah bekerja di salah satu perusahaan swasta dan menjadi penulis untuk situs Berbagi Teknologi ini.