Daftar Smartphone Yang Akan Mendapat Update Android M

Diposting pada

Android M versi preview pengembang telah tersedia untuk perangkat Nexus yang diperkenalkan oleh Google beberapa waktu lalu. Android M memiliki perubahan besar dengan UI baru yang sangat menakjubkan seperti animasi dll.

Update Android M
Update Android M

Android M merupakan nama sistem operasi mobile Android terbaru yang dikembangkan oleh Google yang menjadi penurus dari Android Lollipop yang diperkenalkan pada acara Google I / O pada 28 Mei 2015. Android M tersebut akan berfokus pada perbaikan inkremental dan juga penambahan fitur baru yang lainnya.

Android M telah didesain ulang serta diharapkan akan menjadi lebih baik untuk memperbaiki kinerja pada smartphone, sekarang ini aplikasi tidak akan lagi bisa berjalan secara otomatis tanpa anda setujui, semua pilihan hak akses bisa anda ditentukan pada saat instalasi.

Sebuah sistem opt-in sekarang digunakan, di mana pengguna akan diminta untuk memberikan atau menolak izin individu untuk aplikasi ketika mereka dibutuhkan, seperti mengakses kamera atau mikrofon.

Hanya aplikasi penting tertentu yang telah dikompilasi untuk Android M yang menggunakan SDK yang dapat berjalan secara otomatis, sementara semua aplikasi lainnya akan terus menggunakan hak akses model sebelumnya.

Android M memberikan dukungan asli untuk pengenalan sidik jari , memungkinkan penggunaan sidik jari untuk membuka kunci perangkat serta otentikasi Play Store dan juga tersedia Android Pay untuk pembelian aplikasi Android menggunakan standar API guna untuk melaksanakan otentikasi berbasis sidik jari dalam aplikasi lain.

Sebuah skema manajemen daya baru yang disebut sebagai doze yang dapat mengurangi aktivitas latar belakang perangkat ketika sistem operasi mendeteksi bahwa perangkat sedang menjalankan aplikasi yang tidak anda gunakan.

Selain itu Android M telah mendukung USB Type-C termasuk kemampuan untuk menginstruksikan perangkat untuk mengisi daya perangkat lain melalui USB. Android M juga memperkenalkan fitur baru verified links yang dapat dikonfigurasi untuk membuka langsung dalam sebuah aplikasi tertentu.

jika Anda sedang mencari apakah smartphone yang Anda miliki akan mendapatkan pembaruan Android M atau tidak, di sini akan kami rangkum daftar smartphone yang akan mendapatkan update Android M.

Nexus
Seperti biasanya seri Google Nexus akan menjadi prioritas utama untuk menerima pembaruan jika tersedia OS Android terbaru termasuk update Android M. Google sudah merilis preview pengembang Android M untuk Nexus 5,6,9 dan seri nexus lainnya. Preview pengembang masih dalam tahap beta, yang berarti mengandung berbagai bug dan kesalahan.

Motorola
Pengguna Motorola juga akan mendapatkan update Android M setelah perangkat Nexus. Menurut kabar perangkat flagship terbaru dari Motorola yaitu Moto Turbo akan menjadi smartphone yang pertama untuk menerima pembaruan Android M, tetapi untuk seri Moto E 1 Gen dikabarkan tidak akan menerima pembaruan Android M.

Android One
Android One Smartphone akan mendapatkan update Android M, pada saat peluncuran Google telah berjanji bahwa Android One akan menerima upgrade OS Android terbaru hingga dua tahun. Ini berarti Android One akan mendapatkan update juga. Seri tersebut yaitu Spice Dream Uno, Karbonn Sparkle V dan juga Micromax Canvas A1.

HTC
HTC adalah satu-satunya perusahaan yang secara resmi mengumumkan bahwa ponsel mereka akan mendapatkan pembaruan Android M. HTC telah mengumumkan bahwa HTC One model M9 dan M9 + akan mendapatkan update Android M. Selain itu pihak HTC dikabarkan akan mengumumkan lebih banyak lagi daftar perangkat yang akan mendapatkan Android M.

Samsung
Perusahaan ini dikabarkan akan menyediakan waktu hanya untuk mendapatkan pembaruan untuk perangkat terbaru andalan mereka. Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge dipastikan akan mendapatkan pembaruan Android M.

Huawei
Mengingat smartphone terbaru dari Huawei yang masih belum mendapatkan pembaruan Android Lollipop. Jadi, sulit untuk mengatakan bahwa smartphone Huawei akan mendapatkan pembaruan Android M. Namun banyak rumor bahwa Huawei P8 akan menjadi perangkat pertama yang mendapatkan update Android M.

LG
Meskipun belum ada pernyataan resmi dari pihak LG, tetapi banyak pakar yang memprediksi jika  LG G4 dan LG G3 bisa dipastikan akan menerima update Android M. Selain itu LG G3 dan G fleksibel 2 merupakan satu-satunya seri lain yang mungkin juga akan mendapatkan update.

CyanogenMod
Ketika mendengar kata CyanogenMod tentu saja smartphone tersebut berjalan pada OS resmi CyanogenMod. Saat ini ada tiga ponsel yang berjalan pada OS CyanogenMod yaitu Yureka, Yuphoria serta One Oneplus.