Samsung Galaxy Grand Prime VS Sony Xperia C3

Diposting pada

Anda akan membeli ponsel pintar? Andabingung memilih ponsel merk mana dengan budget yang Anda miliki saat ini. Jika Anda memiliki anggaran sekitar 2.5 juta rupiah sampai 3.5 juta rupiah, Anda akan membeli produk smartphone yang seperti apa?

xperia c3 vs grand prime
xperia c3 vs grand prime

Baiklah, kami akan memberikan sedikit ulasan yang mungkin dapat Anda jadikan pertimbangan ketika Anda akan membeli ponsel pintar. Ponsel yang akan dijadikan pertimbangan yaitu Samsung Galaxy Grand Prime dan Sony Xperia C3.

Kedua ponsel ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang mungkin dapat mempengaruhi pilihan Anda. Mari kita bahas dari berbagai sisi kedua ponsel ini untuk memantapkan hati Anda. Kita mulai membandingkan antara Samsung Galaxy Grand Prime dengan Sony Xperia C3 berdasarkan desain dan layar.

Samsung menawarkan layar berukuran 5.0 inchi dengan resolusi 540 x 960 pixel dan memiliki kerapatan 220 ppi. Jenis layar yang digunakan adalah TFT capacitive touchscreen dengan kekayaan warna hingga 16 juta warna. Dimensi bodinya sendiri 122.8 x 72.1 x 8.6 mm dengan berat 156 gram, yang hadir dengan material plastik berwarna hitam dan putih.

Sedangkan untuk Xperia C3 sendiri hadir dengan layar berukuran 5.5 inchi berjenis IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna. Teknologi layar tersebut masih dipadu dengan Sony Mobile BRAVIA Engine 3 dan Triluminos display yang menjadikannya lebih jernih. Resolusi layarnya 720 x 1280 pixel dengan kepadatan 267 ppi. Jika dilihat dari segi desain dan layar Sony lebih unggul dibandingkan dengan Samsung.

Dari segi kameranya, Samsung Galaxy Grand Prime mengusung kamera utama dengan ukuran 8 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera primer tersebut memiliki resolusi 3264 x 2448 pixel yang didukung dengan fitur auto focus, LED flash, touch focus dan geo tagging.

Sedangkan untuk Sony Xperia C3 sama memiliki kamera 8 MP yang didukung dengan fitur yang lebih lengkap dan jauh lebih sempurna dibandingkan dengan Samsung. Fitur-fiturnya yaitu autofocus, LED flash, Geo tagging, touch focus, face/smile detection, panorama dan HDR. Kamera depannya sendiri dilengkapi dengan kamera berukuran 5 MP dengan resolusi 720 ppi.  Dari sector kamera ini menjadikan Sony Xperia C3 ini lebih baik dibandingkan dengan Samsung.

Perbandingan disisi performa antara Samsung Galaxy Grand dan juga Sony Xperia C3 ini cenderung memiliki arsitektur yang berbeda. Samsung Galaxy Grand Prime didukung dengan prosessor quad core 1.2 GHz Coretex-A53 dari chipset qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan RAM 1 GB. Sistem operasinya menggunakan OS Android 4.4 KitKat.

Sedangkan untuk Sony Xperia C3 ditenagai oleh chipset qualcomm MSM888926 Snapdragon 400 yang terpasang dalam prosessor quad core 1.2 GHz Cortex-A7 dan diseimbangkan dengan RAM 1 GB. Hal tersebut tentu sangat membuat nyaman pengguna saat melakukan multitasking. Sistem operasi Androidnya juga KitKat. Dari segi performa, antara Samsung dan Sony sama-sam unggul.

Samsung Galaxy Grand Prime membawakan konektivitas 3G HSDPA dan 2G GSM pada fitur dual SIM yang ada didalam ponsel ini. Sedangkan Xperia C3 mengusung konektivitas 4G LTE, 3G HSDPA, dan juga 2G GSM. Dari sisi ini Samsung kalah jauh dibandingkan dengan Xperia C3.

Untuk memorinya sendiri, Samsung memiliki memori internal 8 GB yang dapat diperluas dengan microSD sampai 64 GB. Sony Xperia sendiri memiliki memori internal 8 GB namun hanya mendukung perluasan kapasitas memori hanya 32 GB. Baterai yang dimiliki Galaxy Grand Prime berkapasitas 2600 mAh dari Li-Ion.

Sementara Xperia C3 memiliki baterai dari Li-Ion juga dengan kapasitas daya 2500 mAh. Dari segi baterai dan juga memori, Samsung lebih unggul dibandingkan dengan Sony Xperia C3. Itulah beberapa hal mendasar yang dapat Anda pertimbangkan saat akan membeli ponsel pintar Samsung Galaxy Grand Prime atau Sony Xperia C3. Semoga bermanfaat ya.