Mobil Honda Freed Memiliki Pesaing Baru dari Toyota, Siapa Dia?

16

Sekarang ini banyak sekali berbagai jenis mobil yang dijual dengan harga yang relatif miring. Hal ini menjadikan banyak sekali masyarakat yang mampu membelinya. Banyak sekali vendor-vendor mobil yang mengeluarkan produk baru mereka dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

honda freed 2015
honda freed 2015

Tidak ketinggalan mobil Honda ataupun Toyota yang bersaing sengit memperebutkan hati para konsumen memilih produk mobil mereka. Mungkin banyak diantara kita yang telah tahu mengenai mobil baru dari Toyota yang akan menyaingi mobil Honda di pasaran dunia.


Perusahaan mobil Toyota Motor Company atau yang disingkat TMC ini sedah menyiapkan mobil keluaran terbaru dari Toyota yang diberi nama Toyota Sienta. Mobil terbaru dari Toyota ini akan menjadi pesaing dari Mobil Honda Freed. Kabarnya mobil yang dianggap sebagai adik dari Toyota Innova ini akan dipasarkan di tanah air juga.

Antara Sienta dan Freed, kedua mobil ini memiliki lagu kecepatan yang sama. Tidak mengherankan jika kedua perusahaan tersebut bersaing ketat, karena banyak masyarakat yang memilih mobil dari kedua merk tersebut.

Dilansir dari laman indianautosblog, pada Kamis 28 Maret 2015, mobil terbaru Toyota Sienta akan dipasarkan ke luar Jepang mulai tahun ini. Hal ini dilakukan oleh pihak Toyota mengingat banyaknya permintaan mobil MPV di daerah India dan sejumlah negara ASEAN lainnya termasuk Indonesia.

Toyota Sienta tampil lebih agresif dengan aksentarikan garis dan sudut yang tajam jika dibandingkan dengan mobil Toyota yang dikeluarkan sebelumnya yang memiliki desain retro mirip Mini Cooper. Toyota Sienta ini mirip dengan mobil Honda Freed yang memiliki pintugeser di kedua sisi untuk mempermudah akses penumpang saat parkir di tempat yang tidak begitu luas atau sempit.

Toyota Sienta ini memiliki dimensi panjang 4,23 meter, lebar 1,69 meter dan tinggi 1,47 meter, yang mendapat penyegaran di sector interior. Perubahan yang paling mencolok yaitu kesan kasual dengan balutan krem hitam yang mirip Datsun Go+.

Dan tuas Transmissi Sienta sengaja dibuat menyatu dengan dashboard, sehingga menjadikan kursi di baris pertama lebih lega. Tentunya hal ini akan membuat penumpang dan driver menjadi lebih lega. Memang TMC mengeluarkan produk mobil yang akan menyaingi mobil Honda Freed yang lebih dulu keluar di pasaran.

Pada Toyota Sienta, dapur pacunya dibekali dengan mesin VVT 1.500 cc empat silinder. Semburan tegangannya dapat mencapai 109 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 136,6 Nm pada 4.400 rpm. Dengan transmisi otomatis CVT, Toyota Motor Company mengklaim jika konsumsi bahan bakar Sienta mencapai 20,6 liter setiap kilometernya. Ini memang benar-benar akan menyaingi mobil Honda Freed.

Honda Freed juga memiliki mesin MPV berkapasitas 1.500 cc dengan tipe i-VTEC yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 118 ps dan torsi maksimal 14,9 kgm pada 4.800 rpm. Mesin tersebut memang didesain khusus untuk mobil MPV untuk menghasilkan bensin yang kuat, stabil, dan efisien.

Walaupun TMC telah mengumumkan Toyota Sienta dirilis di Jepang 9 Juli 2015 mendatang, Toyota Astra Motor (TAM) yang memegang merek Toyota di Indonesia masih belum memberikan tanggapan terkait kemunculan mobil lima penumpang ini yang akan menjadi pesaing dari mobil Honda Freed.

Ada banyak rumor yang menyebutkan Toyota Astra Motor menjadwalkan mobil terbaru toyota Sienta meluncur pada kuartal ke-3 tahun 2015 ini. Namun, apabila melihat bursa mobil Indonesia yang saat ini masih lesu, ada kemungkinan saingan dari Honda Freed ini akan diluncurkan di tahun mendatang. Bagaimana? Anda tertarik untuk membelinya di awal peluncurannya di Indonesia?

BERBAGI

[dewi@berbagiteknologi.com] Hi, Saya adalah seorang perempuan pendiam yang tertarik dengan semua hal tentang teknologi , kesibukan saya sekarang adalah kuliah dan menjadi content writer untuk situs Berbagi Teknologi ini.