Ini Dia Cara Mudah Membuat Sebuah Robot

Diposting pada

ROBOT itu mudah, seringkali mungkin kita dengar bahwa pelajar dari sebuah negara memenangkan kompetisi robotik di tingkat kompetisi sekelas dunia, hal tersebut terlihat begitu keren bukan?

robotik
Robotik

Sepintas jika kita belum mengetahui tentang dunia robotika, mungkin hal tersebut terlihat sangat keren dan rumit tentunya, karena memang pada intinya penggunaan komponen robotika memang tidakbisa dilakukan secara sembarangan.

Selain itu perakitanya juga membutuhkan ketelitian dan keahlian khusus, hingga akhir – akhir ini banyak sekali orang yang mendirikan sekolah – sekolah robotic. Namun ternyata membangun sebuah robotik bukanlah merupakan suatuhal yang sangat kompleks jika kita sudah mengetahui bahan apa saja yang kita perlukan.

Banyak sekali toko online yang menjual produk / komponen robotika yang dapat kita beli secara bebas tanpa memerlukan ijin khusus. Selain itu pembelian komponen tersebut juga biasanya disertakan panduan, baik berupa video ataupun berupa buku panduan.

ARDUINO adalah merupakan produk dari sebuah perusahaan yang fokus dalam pembuatan komponen – komponen robotika, perusahaan ini memproduksi segala bentuk dan komponen yang dibutuhkan untuk membangun sebuah robot.Baik itu dari segi chips ( otak robot ) ataupun sensor sebagai mata dari robot.

Perusahaan ini memang sudah sangat terkenal di dunia robotik, karena memang produknya yang sangat memanjakan orang  yang inngin memulai belajar robotic. perusahaan ini bukan hanya menyediakan komponen yang diperlukan untuk membangun sebuah robot, bahkan juga membuat panduan yang diperlukan untuk dasar pengetahuan pelangganya dalam menggunakan komponen yang mereka ciptakan.

Tinggal bagaimana kreatifitas anda sebagai orang yang ingin menggunakan produk dari arduino tersebut untuk menciptakan sebuah robot yang dapat dikendalikan, ataupun dapat bekerja mandiri.

Untuk membuat sebuah robot sederhana ini yang anda perlukan.

  • sensor Ada beberapa tipe sensor yang di sediakan oleh arduino misalnya sensor suara
  • Sensor Sharp GP2Y0A21YK0F 10-80CM
  • Sensor pelacak berdasarka infra red, yang dapat memetakan lingkungan sekitar
  • BDFD-1000 tracing sensor module
  • Sensor pendeteksi suara,
  • LM393 Sound Detection Sensor Module
  • Dan masih ada beberapa jenis sensor yang lainya.

Processor, seperti namanya di bagian ini adalah yang memproses segala perintah yang ada, dimana perintah tersebut digunakan untuk memutuskan, berdasarkan apa yang di tangkap oleh sensor, bisa kita merakit sendiri.

Namun jika kita merakit sendiri akan terjadi kesulitan biasanya dalam pemilihan komponenya, jika ingin mudah gunakan saja arduino board yang sudah di sediakan oleh perusahaan arduino.

Arduino board sudah komplit, terinstall processor ( ic mikro controller ), dan sudah ter pasang di board pcb.dengan board tersebut sudah ter integrasi dengan penyaluran arus listrik.

Jadi proses nya dari sensor – > mikro controller -> data di proses dan kemudian diputuskan apa yang akan dilakukan oleh robot, dengan cara on/off ( memutus atau mengalirkan ) arus listrik, sehingga motor / roda bergerak sesuai keputusan otak robot ( ic mikro controller ) dan motor yang biasanya berupa dinamo, yang bertugas menggerakkan robot maju, mundur ataupun berputar.

Berita Rekomendasi: