Benarkah Smartphone Bisa Mendeteksi Jenis Batu Akik Asli?

Diposting pada

Cara membedakan jenis batu akik asli atau palsu di pasaran memang sangatlah diperlukan saat ini, batu akik bacan misalnya yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Macam macam batu akik memang sedang populer untuk saat ini tetapi banyak orang yang memang lebih menyukai keistimewaan dari jenis batu akik yang satu ini.

Alat Deteksi Batu Akik
Alat Deteksi Batu Akik

tentu saja dikarenakan dengan harganya yang selangit, akan sangat menyakitkan bila mendapati bahwa bacan yang kita beli adalah batu akik bacan yang sintetis (palsu). Ada banyak sekali tips dan trik yang beredar di pasaran saat ini, tentang membedakan batu akik asli atau palsu dengan berbagai cara untuk mendeteksi batu akik tersebut.

Dari trik trik pasaran yang beredar saat ini beberapa di antaranya hanyalah trik – trik palsu yang sengaja di publikasikan hanya untuk mengecoh para penggemar batu akik.

Salah satu trik yang beredar saat ini adalah, dengan cara test batu akik mengunakan smartphone untuk menggerakkan layar sentuh pada ponsel tersebut, namun ternyata setelah dilakukan percobaan, bahan berupa kaca pun bisa digunakan untuk menggerakkan touch screen pada smartphone tersebut.

Selain itu ada juga yang menggunakan alat deteksi batu cincin yang canggih dengan harga yang cukup mahal, harganya bisa berkisar antara 5 sampai 6 juta rupiah , bernama presidium gem tester, Pada penunjuk jarum alat tersebut terdapat tulisan, kira – kira level seperti ruby, diamond, safir, dan beberapa jenis batu mineral lainya.

Ternyata alat tersebut pun yang notabennya dibandrol dengan harga yang sangat mahal, bukan merupakan suatu alat yang dapat membedakan bacan asli atau palsu. Karena alat presidium gem tester tersebut sebenarnya hanya untuk digunakan sebagai alat pemeriksa keaslian batu mineral.

Alat sekelas harga 5 sampai 6 juta pun tidak dapat membedakan batu bacan asli ataupun palsu, dan ternyata memang diperlukan kejelian, dan pengalaman yang cukup untuk dapat membedakan batu bacan asli atau palsu secara kasat mata.

Sebagai saran, jika anda ingin membeli sebuah batu bacan, jika batu bacan tersebut dibandrol dengan harga yang melebihi harga 2juta rupiah, maka sangat disarankan untuk mengetahui keaslianya terlebih dahulu minimal melalui memo, yang biasanya untuk membuat memo sebuah batu hanya diperlukan biaya sekitar 100 sampai 200 ribu rupiah.

Berita Rekomendasi: