Fitur Pada Android 5.0 Lollipop

Diposting pada

Versi Google Android berikutnya akan diumumkan dalam beberapa bulan ke depan dan di kabarkan paling lambat akan rilis akhir 2014 ini, dan bisa di pastikan Android 5.0 Lollipop adalah nama utama dari versi terbaru yang akan rilis berikutnya.

Android 5.0 Lollipop
Android 5.0 Lollipop

Android Police telah memasang gambar yang mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang fitur pada Android L yang akan datang ini, dan sudah merinci beberapa perubahan yang signifikan, mengatakan Android L akan membawa Pengaturan Cepat naungan baru yang akan menawarkan peningkatan akses ke pengaturan, memungkinkan pengguna untuk “memanipulasi kontrol pada tingkat yang lebih dalam dari pada versi sebelumnya.

Ketika mengakses item Pengaturan Cepat di bagian baru Android 5.0 Lollipop, panel akan transisi ke elemen antarmuka baru yang terkait dengan pengaturan yang dipilih. Jadi, jika Anda menekan mode WiFi, Anda akan mendapatkan panel di ruang yang sama dengan daftar jaringan dan pilihan untuk beralih WiFi on atau off,” seperti yang tulis Android Police.

Begitu juga jika Anda menekan persentase baterai, Anda akan mendapatkan sekilas pada data penggunaan baterai, link di bagian bawah panel akan membawa pengguna ke aplikasi Pengaturan penuh, jika pengaturan yang lebih kompleks diperlukan, dan sebagainya.

Sedangkan pada Pengaturan Cepat baru, pengguna masih akan memiliki akses ke pemberitahuan pada layar yang sama, yang akan ditumpuk di bagian bawah layar. Di Android 5.0 Lollipop pengguna dapat membatasi atau mencegah interupsi dari pemberitahuan, dan pemberitahuan yang masuk tidak akan mengganggu aktivitas pengguna pada smartphone.

Yang menarik, sebuah Incoming Call pemberitahuan akan muncul di tablet juga ini menunjukkan bahwa Google bekerja pada integrasi yang lebih dalam pada layanan dan perangkat, berikut ini adalah 7 fitur unggulan yang ada pada android 5.0 lollipop.

1. Enhanced notifications
Android L akan membuat pemberitahuan lebih baik. Sebagai permulaan Anda bisa mendapatkan mereka pada layar kunci – dan mereka akan secara otomatis memerintahkan dalam prioritas. Anda akan dapat menggesek mereka pergi seperti biasa atau double tap untuk membuka aplikasi yang relevan.

2. New lockscreen
Bagian dari lockscreen Android L  yang berbeda adalah pada lockscreen baru yang akan menampilkan pemberitahuan. Anda harus geser ke atas untuk membuka jika Anda tidak memiliki pola kunci atau membuka dengan metode lain tetapi Anda juga dapat geser ke kanan untuk meluncurkan dialer atau kiri untuk meluncurkan kamera.

3. New multi tasking
Lupakan daftar 2D aplikasi terbuka pada recent apps karena bagian baru dari Android L membawa Google Now dengan gaya layout kartu. Aplikasi yang terbuka mengalir pada semacam carousel dan dapat digesek pergi ke kedua sisi untuk menutup mereka seperti versi sebelumnya.

Ini tidak bekerja pada preview pengembang tetapi beberapa aplikasi, misalnya chrome, akan dapat memiliki beberapa kartu di recent apps. Android L akan menunjukkan kartu terpisah untuk setiap tab yang terbuka.

4. New notifcation bar
Pada status bar Android L pemberitahuan terlihat cukup berbeda dengan sebelumnya. dan bekerja dengan cara yang sama seperti sebelumnya sehingga geseran dari atas akses akan pindah ke layar.

Ada tata letak dan skema warna baru jika anda menekan tombol untuk mengakses pengaturan cepat Anda hanya menggesek ke bawah untuk kedua kalinya. Saat ini sudah ada layar kontrol kecerahan sebagai standar baru dan ‘layar cor’ ikon untuk mirroring dengan Chromecast.

5. Security  personal unlocking
Google mengatakan bahwa keamanan merupakan elemen kunci untuk Android dan penggunanya. Sebuah fitur baru akan memungkinkan pengguna untuk membuka smartphone mereka ketika cukup dekat secara fisik pada perangkat seperti Wear smartwatch android.

6. Battery life new saver mode
Baterai yang lebih baik adalah sesuatu yang selalu kita ingin dan Google menjanjikan bahwa Android L akan memberikan melalui modus hemat baterai baru. Proyek Volta akan memungkinkan para pengembang untuk mengidentifikasi bagaimana aplikasi mereka menggunakan baterai sehingga mereka melakukan perbaikan.

Google mengatakan bahwa modus hemat baterai baru akan memberikan Nexus 5 tambahan 90 menit daya tahan baterai, dan agian baterai menu pengaturan sekarang memberikan informasi lebih rinci juga.

7. Performance
Seperti yang kita harapkan, Android L akan mendukung prosesor 64-bit dan juga akan mendukung perangkat lunak perpustakaan ART yang di klaim dua kali lebih cepat.

Update:
Setelah sekian lama mengira android L adalah Lollipop, sekarang sudah bisa di pastikan bahwa kepanjanngan android L 5.0 adalah Android 5.0 Lion dan smartphone Nexus 5 terbaru yang akan berjalan di Android 5.0 Lion

Berita Rekomendasi: