Cara Memperbesar Kapasitas Penyimpanan Internal Smartphone

Diposting pada

Pada perangkat smartphone dengan spesifikasi tinggi, selain permasalahan pada baterai yang cepat habis pengguna smartphone juga sering mengeluh tentang kapasitas penyimpanan internal smartphone yang terbatas, Keterbatasan internal memori tersebut yang paling dikeluhkan yaitu pada smartphone yang tidak mendukung slot memori eksternal.

Cara Menambah Memori Internal Smartphone
Cara Menambah Memori Internal Smartphone

Walaupun demikian, masalah tersebut bisa dengan mudah di selesaikan dengan beberapa cara yang cukup sederhana. Berikut ini faktor yang merupakan penyebab masalah berkurangnya internal memori tersebut dan juga cara sederhana untuk menyiasati penyimpanan internal smartphone yang penuh.

Pembersihan Aplikasi Yang Tidak Penting
Aplikasi adalah salah satu yang biasa menjadi penyebab utama memori internal smartphone penuh. Karena selain untuk penyimpanan sistem aplikasi, kemungkinan besar aplikasi itu juga digunakan untuk menyimpan file lainnya, misalnya history dan file-file lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna smartphone harus bisa memilih aplikasi mana dulu yang paling penting dan juga benar-benar anda butuhkan. Sehingga kapasitas penyimpanan internal bisa lebih tepat dalam penggunaannya.

Aplikasi yang tidak penting dan tidak terpakai sebaiknya anda hapus, untuk pengguna smartphone berbasis iOS bisa menghapus lewat menu pengaturan. Setelah itu masuk pada tab menu, kemudian dilanjutkan pada menu penggunaan, disitu nantinya bisa anda pilih daftar aplikasi apa saja yang tidak anda perlukan, setelah itu hapus dari perangkat iOS anda.

Pada perangkat yang berbasisi Android, masuk ke menu Pengaturan, setelah itu masuk ke menu Aplikasi, dan dilanjutkan untuk memilih menu tab Aplikasi Manajer. Pada menu Aplikasi Manajer tersebut, pengguna Android bisa uninstall aplikasi yang terinstall sebelumnya namun tidak anda perlukan.

Pada Saat Mengatur Foto dan Mengatur Video
Smartphone terbaru saat ini, kebanyakan telah memiliki resolusi gambar yang sangat besar karena kualitas lensa kamera smartphone yang beresolusi besar.

Dari situ bisa dipastikan jika hasil foto dan video, tentu saja memiliki kapasitas file yang cukup besar. Hindari pemakaian yang tidak penting misalnya memotret sesuatu yang tidak anda perlukan, karena akan berdampak pada penyimpanan interbal smartphone anda.

Untuk menambah kapasitas penyimpanan internal yang mulai berkurang, sebaiknya anda hapus saja beberapa file multimedia yang tidak terlalu penting. Pengguna juga bisa memindahkan file multimedia itu pada penyimpanan yang lain mislanya pada laptop. Sebagai alternatif lain yang bisa anda dilakukan pada smartphone dan tablet, dengan memanfaatkan sistem penyimpanan cloud yang sekarang ini merupakan solusi paling mutakhir.

Anda bisa menggunakan aplikasi penyimpanan sekarang ini banyak tersedia secara gratis dan juga berbayar,  seperti aplikasi Picasa, aplikasi Dropbox dan juga aplikasi Google Drive untuk menambah internal memori pada perangkat smartphone dan tablet anda.

Pada Saat Streaming Musik dan Streaming Film
Hampir semua perangkat smartphone dan perangkat tablet kebanyakan bisa digunakan untuk multimedia yang berkualitas, itu juga bisa menjadi penyebab berkurangnya kapasitas penyimpanan internal smartphone anda. Karena kebanyakan pengguna sering  mendengarkan musik dan juga menonton video pada perangkat smartphone yang dimiliki.

Sama seperti penyimpanan sistem cloud, pengguna juga dapat memanfaatkan salah satu aplikasi pemutar musik dan juga aplikasi pemutar video dengan sistem yang hampir sama tersebut menggunakan Google Play Music. Sehingga kapasitas memori internal smatphone anda bisa menjadi lebih lega.