Cara Mencegah Malware Sinkronisasi Token Palsu Pada Internet Banking

Diposting pada

Beberapa nasabah Bank BCA dan Bank Mandiri ada yang terkena malware sinkronisasi token yang berakibat hilangnya saldo pada rekening mereka. Berita ini berawal dari salah satu nasabah Bank BCA di media sosial yang bercerita tentang keanehan pada situs iBanking yang biasa mereka gunakan.

Token Internet Banking
Token Internet Banking

Kali ini pada situs iBanking tersebut muncul pop-up atau jendela aneh pada browser nasabah yang meminta sinkronisasi token. Nah setelah nasabah memasukkan token yang di minta tersebut, saldo pada rekening nasabah tiba-tiba berkurang. Padahal menurut pengakuan nasabah itu tidak pernah merasa melakukan transaksi apapun.

Dari pihak Bank BCA menyatakan konfirmasi token pada pop-up tersebut bukan berasal dari BCA, dan itu terjadi karena komputer atau laptop nasabah sudah terkena malware. Sekarang ini di kabarkan telah banyak nasabah yang telah melaporkan dengan masalah yang sama.

Cara kerja Malware Sinkronisasi Token ini adalah menginjeksi kode pada browser nasabah. Kode tersebut akan menampilkan menu pop-up baru dan meminta nasabah untuk memasukan token. Berikut ini adalah contoh pop-up yang muncul dan yang perlu di waspadai jika komputer anda telah terkena malware tersebut:

Malware Sinkronisasi Token
Malware Sinkronisasi Token

 Cara pencegahan malware ini cukup mudah, jika muncul pop-up seperti gambar di atas:

  1. Cara yang pertama (yang paling penting) jangan pernah mengikuti semua permintaan  yang ada termasuk permintaan untuk memasukkan token tersebut, tutup browser anda dan segera melaporkan kejadian tersebut pada Bank yang bersangkutan.
  2. Kedua periksa browser yang anda gunakan apakah ada plugin aneh yang telah terinstall dan jika diperlukan install ulang saja sistem operasi pada komputer anda, atau jika anda tidak tahu tentang komputer? anda bisa membawanya ke teknisi komputer terdekat. Untuk mencegah masalah tersebut kami sarankan para nasabah dari Bank lain juga perlu waspada jika menemui ciri-ciri tersebut pada internet banking yang anda gunakan.
  3. Anda tidak perlu takut untuk menggunakan internet banking, sistem yang ada pada internet banking sekarang ini sudah cukup aman, masalah tersebut terjadi bukan pada server yang di gunakan oleh internet banking, penyebab tampilnya pop-up konfirmasi token palsu tersebut ada pada komputer nasabah yang telah terkena jenis virus tertentu.

Sedikit Penjelasan Tentang Apa itu Sinkronisasi Token ?

Sinkronisasi token merupakan bagian dari sistem administrasi token, simtem ini berguna untuk sinkronisasi antara waktu pada token dengan waktu pada server PIN dan itu akan dilakukan hanya jika PIN mengalami ketidak cocokan dengan otorisasi yang telah dikeluarkan token pada server PIN.

Baru-baru ini pemaksaan sinkronisasi token yang telah terjadi pada beberapa pengguna internet banking bank besar di Indonesia, karena komputer yang digunakan nasabah telah terkena malware. Asal anda mengetahui ciri-ciri dan tips yang sudah kami jelaskan di atas transaksi internet banking anda akan terjamin keamanannya.