Perbedaan Jenis Class MicroSD

Diposting pada

Memory Card adalah alat yang berfungsi untuk tempat penyimpanan data digital seperti audio, gambar dan video pada gadget, salah satunya adalah kamera digital dan smartphone. Sementara itu ukuran kartu memori ini bervariasi mulai dari MB sampai hitungan GB.

Ukuran Memory Card
Ukuran Memory Card

Jenis Memory Card yang ada saat ini adalah Memory Stick, Multimedia Card (MMC), Secure Digital Card (SD Card), Compact Flash Card (CF Card), dan Smart Media Card.

Peringkat Speed Class yang biasa di kenal dengan Speed Class adalah standar kecepatan yang ada pada SD Card. Untuk saat ini ada kelas kecepatan micro SD dibagi dua segmen, yaitu Ultra High Speed yang biasa disingkat UHS dan Speed Class.

Sementara itu yang paling banyak di produksi adalah segmen Speed Class yang harganya terjangkau, sedangkan untuk segmen UHS masih berharga relatif mahal dan juga jumlahnya produsen belum terlalu banyak.

Untuk mengetahui class pada micro SD caranya sangat mudah, karena bisa di lihat langsung pada SD Card tersebut dan perangkat yang menggunakannya, contohnya Camera Digital & Camcorder. Bila kamu menemukan tanda Class 4 pada camera digital.

Itu maksudnya disarankan menggunakan SD Card dengan tipe sama dan bila kita memakai tipe SD Card yang berbeda dengan yang direkomendasikan tadi, biasanya akan ada peringatan. selain itu pada sebagian perangkat hasil pengolahan data akan berkurang kualitasnya.

Sedangkan untuk Class SD card yang biasa digunakan adalah SD Card Class 2, SD Card Class 4, SD Card Class 6 dan SD Card Class 10. SD Card Class 2 memiliki kecepatan  minimal 2 MB/s (2 MB per detik), SD Card class 4 memiliki kecepatan minimal 4MB/s.

Berikut ini adalah peringkat class micro SD mulai dari terendah sampai tertinggi

Class Speed
Class 2 2 MB/s
Class 4 4 MB/s
Class 6 6 MB/s
Class 10 10 MB/s
UHS-1 312 MB/s

Perlu anda ketahui kecepatan ini juga akan dipengaruhi oleh media perantara antara SD card dengan perangkat digital yang kamu gunakan. Misalnya kamu ingin transfer file dari laptop ke micro SD class 4 dari smartphone menggunakan kabel data.

Kualitas dari kabel data yang digunakan juga sangat berpengaruh dengan kecepatan transfer. Intinya walaupun  SD card kamu memiliki kecepatan tinggi, tapi kalau kabel data yang kamu digunakan kualitasnya rendah, otomatis kecepatan transfer bisa saja turun drastis ada juga yang turun sampai dibawah 4 MB/s.

Berita Rekomendasi: