Perkembangan Teknologi Seluler 1G Sampai 4G LTE

Diposting pada

Teknologi seluler 4G sekarang ini sedang menjadi trending topik di Indonesia, karena sekarang ini jaringan 4G LTE di Indonesia sudah dihadirkan oleh beberapa operator seluler secara bertahap, salah satunya adalah Telkomsel 4G, XL 4G LTE, Indosat 4G LTE dan Bolt Modem 4G LTE.

Teknologi 1G hingga 4G
Teknologi 1G hingga 4G

Yang perlu anda ketahui saat ini LTE telah memiliki 8 kategori yaitu LTE Cat 1 hingga LTE Cat 8 dengan kecepatan tertinggi, perangkat yang mendukung jaringan 4G LTE juga telah tersedia di Indonesia dengan harga yang bervariasi mulai dari hp 4g murah sampai kelas menengah ke atas seperti smartphone samsung 4g lte

Teknologi 4G tersebut dikembangkan secara bertahap dari 1G yang merupakan generasi pertama seluler. Teknologi seluler berawal dari generasi pertama yaitu 1G, dan terus dikembangkan sampai sekarang menjadi 2G, 3G dan 4G yang merupakan teknologi terbaru untuk saat ini.

Kemenkominfo akan segera mengumumkan tahap dua 4G LTE di 1.800 MHz, yang direncanakan pada pertengahan Februari 2015, dan diharapkan pada bulan Februari 2015 ini operator seluler di Indonesia akan benar-benar merapkan 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz.

4G LTE Cat 8
4G LTE Cat 8

Teknologi 1G
1G adalah generasi pertama yang mulai dikenalkan pada 1970-an, Teknologi seluler 1G ini bekerja menggunakan transmisi sinyal analog yang cuma mampu untuk melakukan panggilan telepon. Teknologi 1G itu mempunyai peran yang cukup besar untuk membantu pertumbuhan pasar ponsel.

Teknologi 2G
2G merupakan generasi yang kedua yang mulai dikenalkan pada 1990, perbedaan yang paling menonjol dari teknologi 2G ini adalah pada penggunaan sinyal radio. Teknologi 1G masih memakai sinyal analog dan teknologi 2G sudah memakai sinyal digital yang mendukung panggilan suara, SMS dan juga MMS.

Kemudian teknologi 2G dikembangkan menjadi 2.5G dan 2.75G yang berkecepatan 50 kbps, dan dikembangkan lagi menjadi EDGE yang berkecepatan maksimal 1 Mbps.

Teknologi 3G
3G merupakan generasi yang kedua yang mulai dikenalkan pada 1998, teknologi 3G merupakan mobile broadband yang pertama. Selain punya  kemampuan yang sama seperti generasi sebelumnya, teknologi ini mempunyai kemampuan transfer audio, grafis dan video, untuk keperluan video streaming dan juga video call.

Pada awalnya teknologi 3G ini hanya mempunyai kecepatan hingga 2 Mbps,  dan kemudian dikembangkan lagi menjadi 3.5G HSPA dengan kecepatan DL sampai 14 Mbps dan kecepatan UL hingga 5,76 Mbps. Kemudian berkembang lagi menjadi teknologi 3.75G HSPA+ dengan kecepatan maksimal DL hingga 168 Mbps dan kecepatan maksilmal UL sampai 22 Mbps.

Teknologi 4G
4G merupakan generasi yang keempat yang mulai dikenalkan pada 2009, teknologi 4G LTE dirumuskan secara bersama-sama oleh anggota 3GPP. Khoirul Anwar asal Indonesia yang telah menetap di Jepang selama 12 tahun, dan menjadi peniliti di JAIST bukanlah seorang penemu teknologi 4G LTE tersebut.

Khoirul Anwar hanya pemegang hak paten salah satu dari sekian banyak teknologi untuk pemancar dengan konsep dual FFT dalam metode SC-FDMA yang dapat digunakan sebagai metode uplink 4G LTE.

Teknologi seluler terbaru ini disebut LTE (Long Term Evolution) dan juga LTE-A (Long Term Evolution Advance) Teknologi LTE ini mempunyai kecepatan DL sampai 100 Mbps dan UL sampai 50 Mbps.

Kecepatan itu masih bisa menjadi jauh lebih cepat lagi sesuai rilis kategori yang dipakai oleh operator tersebut, kecepatan tersebut secara teori di tentukan dari LTE Cat 1 hingga LTE Cat8 seperti pada tabel berikut ini.

Berita Rekomendasi: