Lapisan Pelindung Layar Smartphone Yang Populer

Diposting pada

Bagi pengguna smartphone era sekarang yang menggunakan layar lebar dengan teknologi touchscreen tentu saja goresan atau benturan adalah masalah paling utama yang paling kita takuti. Karena itu banyak pengguna smartphone yang menambahkan asesoris lapisan pelindung layar agar layar smartphone kesayangan mereka aman dari goresan yang rawan terjadi.

Gorilla glass screen protector
Gorilla glass screen protector

Jenis screen protector atau screen guard smartphone atau yang bisa disebut lapisan anti gores, anti glare, anti spy tersebut banyak dijual di pasaran dengan harga yang berbeda.

Tapi yang akan kita ulas bukan jenis pelindung tersebut tetapi lapisan kaca pelindung smartphone yang sudah terdapat dari bawaan pabrik,  Kaca pelindung yang ini sudah tertanam langsung pada smartphone dan kamu tidak perlu membeli screen protector tambahan.

teknologi  lapisan pelindung pada Smartphone  saat ini sangat cepat, banyak produsen yang bersaing untuk membuat inovasi teknologi terbaru dan tentu saja untuk memikat hati konsumen.

Pengetahuan yang cukup sangat dibutuhkan untuk kamu yang sedang mencari refrensi  dan melihat spesifikasi smartphone yang memakai teknologi lapisan pelindung layar berkualitas tinggi.

Seperti Gorilla Glass,  Scracth-resistant glass, Oleophobic Coating, dan Dragontrail Glass, berikut ini adalah 6 jenis teknologi anti gores paling populer yang sudah tertanam di dalam smartphone.

dragontrail
dragon tail

Dragon Tail Glass

Teknologi Dragon Tail Glass adalah yang di klaim lapisan pelindung smartphone terbaik dan terkuat untuk saat ini, Dragon tail Glass dikembangkan oleh Asahi Glass yang mengusung kekuatan superior.

Dragon tail Glass memiliki ketebalan hanya 1mm tetapi pelindung layar ini diklaim mampu menahan beban hingga 60 kg dan memiliki kekuatan 6 kali lebih tangguh dari pelindung layar lainnya.

Dragontrail Glass mampu melewati uji tekuk extrim dan pukulan palu tanpa mengalami retak dan pecah sedikitpun. Smartphone yang telah memakai layar jenis ini adalah Sony Ericsson Xperia Active, Sony Xperia Z dan Xiaomi MI2.

corning gorilla glass1
corning gorilla glass1

Corning Gorilla Glass 1

Teknologi Corning Gorilla Glass dikembangkan oleh perusahaan manufaktur kaca asal usa dan sampai saat ini telah dibuat sebanyak 3 generasi Gorilla Glass, dari Corning Gorilla Glass 1, Corning Gorilla Glass 2 dan Corning Gorilla Glass 3.

Selain tahan goresan keunggulan lainnya terletak pada lapisannya yang sangat tipis dan ringan tapi tetap kuat, sehingga tidak akan mempengaruhi tingkat sensitivitas touchscreen pada smarphone.

Perlu kamu ketahui Corning Gorilla Glass 1 dapat pecah jika terbentur benda kasar atau keras. pada saat ini sudah digunakan di berbagai smartphone, seperti Samsung Galaxy SII, LG Optimus L7, HTC Desire S dan lain masih banyak lagi.

corning gorilla glass2
corning gorilla glass2

Corning Gorilla Glass 2

Corning Gorilla Glass 2 memilki ketahanan yang sama dengan versi 1 hanya saja hadir dengan ukuran yang lebih tipis. Pelindung layar ini telah dipakai smartphone seperti, HTC One, Oppo Find 5, Motorola RAZR M, Samsung I9300 Galaxy S III dan lain masih banyak lagi.

corning gorilla glass3
corning gorilla glass3

Corning Gorilla Glass 3

Corning Gorilla Glass 3 jauh lebih baik dari dua versi yang sebelumnya, Corning Gorilla Glass 3 memiliki ketahanan hingga 3 kali lipat dibandingkan 2 versi sebelumnya.

misalnya terjadi goresan 40% lebih halus dari versi sebelumnya,  Ponsel class high-end yang telah banyak menggunakan pelindung layar jenis ini, salah satunya adalah Samsung Galaxy s5, Asus Zenfone 4, Asus Zenfone 5,  Asus Zenfone 6 dan kemungkinan lain masih banyak lagi yang akan menggunakan.

scratch resistant
scratch resistant

Scratch-Resistant Glass

Lapisan anti-gores sejenis ini dapat melindungi layar dari goresan ringan. Cukup baik sebagai pencegahan supaya layar tidak mudah tergores. Sementara itu beberapa smartphone yang telah menggunakan teknologi ini, adalah Samsung i9103 Galaxy R, Sony Ericsson Live with Walkman, Sony Ericsson Xperia X10 mini dan Sony Xperia Neo.

oliophobic
oliophobic

Oleophobic Coating

Oleophobic Coating adalah jenis pelindung layar tambahan yang hampir sama dengan anti gores, anti glare, anti spy  biasa yang di aplikasikan pada permukaan kaca tapi dengan ketahanan lebih baik dari gores biasa.

Selain itu keunggulan lapisannya menggunakan material yang tidak mudah tertempel kotoran seperti debu, cairan hingga berminyak. smartphone yang memakai anti-gores jenis ini adalah Samsung Galaxy Nexus i9250, Google Nexus S, hingga Sony Xperia Tablet S.